Profil

Profil Elly Leo Fara, Guru Penggerak Asal Pontianak yang Punya Segudang Prestasi

Saat ini guru penggerak yang sudah menyelesaikan pendidikannya ada 3 angkatan dimana tiap angkatan ada 2.800 guru per angkatan se-Indonesia. 

Penulis: Maskartini | Editor: Faiz Iqbal Maulid
Istimewa
Elly Leo Fara merupakan guru berprestasi asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Elly Leo Fara adalah salah satu guru berprestasi asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Ia merupakan satu diantara 60 Guru Penggerak yang mengajar di SMAN 5 Pontianak.

Sebagai informasi, di Kota Pontianak angkatan satu yang telah menyelesaikan pendidikan Guru Penggerak selama sembilan bulan berjumlah 60 guru terdiri dari 3 guru TK, 27 guru SD, 15 guru SMP dan 15 guru SMA. Sedangkan untuk angkatan empat dan tujuh masih dalam pendidikan

Saat ini Guru Penggerak yang sudah menyelesaikan pendidikannya ada tiga angkatan, di mana tiap angkatan ada 2.800 guru per angkatan se-Indonesia

Elly Leo Fara menyebut adanya program Guru Penggerak ini bertujuan untuk mencari pemimpin pembelajaran dan berperan sebagai agen pendorong transformasi pendidikan di Indonesia. Baginya, Guru Penggerak memiliki arti tersendiri.

"Guru penggerak adalah guru yang bahagia karena secara mandiri tak henti belajar dan reflektif, bergerak membuat inovasi dalam pembelajaran yang berpihak pada murid, berbagi dan berkolaboratif dalam praktik baik," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Sabtu 3 Desember 2022.

Sosok Nadya Angelie Lislie, Siswi SMAK Immanuel Pontianak yang Raih Medali Emas OPSI 2022

Elly merupakan satu diantara guru yang memiliki sederet prestasi.

Ia pernah menjadi Juara 2 Guru Berprestasi SMA Kota Pontianak 2013, Juara 2 Guru Berprestasi SMA Kota Pontianak 2016, Juara 1 Bestpractice PGRI Kota Pontianak 2018 dan Juara 1 OGN BK Tingkat Provinsi Kalbar 2018.

Ia juga merupakan Finalis Bestpractice Nasional 2013, Finalis Bestpractice Nasional 2014, Finalis Inovasi Pembelajaran Nasional 2016, Finalis OGN Tingkat Nasional 2018, Juara 2 Karya Ilmiah Guru Tingkat Nasional 2021, Guru Penggerak A1 Kota Pontianak 2021 dan Kelompok Guru Terbaik Riset IPSK PIRN-BRIN 2022.

Berbagai aktivitas pengembangan diri juga telah ia ikuti, seperti Instruktur Nasional Guru Pembelajar, Instruktur Nasional Kurikulum 2013, Mentor WLG POP (Forum Indonesia Menulis) 2021, Pembimbing KIR SMAN 5 dan SMAN 12 Pontianak, Mentor Guru Menulis PGRI SLCC Kalbar.

Pengembangan lainnya yang ia ikuti adalah Coach Pendidikan Keterampilan Hidup Unicef Kemdikbud, Fasilitator Karya Nyata Guru Penggerak BK, Mentor SLN POP (Forum Indonesia Menulis) 2022, Asesor Sekolah Penggerak, Asesor Guru Penggerak dan Fasilitator IKM Mandiri.

Guru Penggerak yang sudah menyelesaikan Pendidikannya bergabung dalam satu komunitas belajar Guru Penggerak A1 Pontianak. Di sana kata Elly, para guru bergerak mendorong guru-guru untuk bersama belajar meningkatkan kompetensi diri. 

"Kegiatan yang sudah kami lakukan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak dan Provinsi Kalbar adalah Coaching Clinic PGP. Selain itu Guru Penggerak juga banyak diberdayakan menjadi narasumber atau fasilitator dalam berbagai kegiatan pelatihan, seminar dan workshop," ujarnya.

Ia berharap kedepannya tetap semangat untuk belajar, bergerak dan berbagi bersama guru-guru hebat Kalbar.

"Saya yakin jika semua unsur pendidikan membangun eksosistem untuk bergerak bersama maka transformasi pendidikan dapat terwujud di Kalbar. Mari Bergerak Bersama Pulihkan Pendidikan dan Meningkatkan Mutu Pendidikan Kalbar," ajaknya.

Sosok Yulida Safitri, MC Welcome Dinner BIMP EAGA Ke-25 Pontianak yang Punya Segudang Prestasi

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved