Siap Rintis Bisnis Jualan Kopi, Terinspirasi Kiat yang Didapat di Platform Digital IDE

Ketika kopi dikonsumsi setiap hari, maka tidak akan terlalu menganggu keuangan si konsumen. Artinya harga jual produk kopi haruslah yang terjangkau.

Penulis: Nina Soraya | Editor: Nina Soraya
Tribun Pontianak/Nina Soraya
Seorang pelaku UMKM Kota Pontianak menunjukkan tayangan dalam platform digital IDE, Rabu 30 November 2022. IDE dirilis oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sebagai solusi dari IOH guna memberdayakan UMKM agar bisa mengembangkan bisnis. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Nira Nofianti terlihat fokus menatap layar dari gawai miliknya yang tengah menanyangkan konten dari Founder Kopi Tuku Andanu Prasetyo. Tayangan yang ia saksikan  lewat platform digital Indosat Digital Ecosystem (IDE) ini tengah menceritakan Strategi Tuku Merancang Model Bisnis hingga bisa tenar sampai hari ini.

Nira merupakan freelancer di sebuah perusahaan swasta di Kota Pontianak. Dirinya pun sempat menjadi tenaga marketing untuk coffee shop milik rekannya.

Perempuan berkerudung ini mengaku juga ingin segera mewujudkan memiliki gerobak usaha penjualan kopi kekinian. Pasalnya melihat warga Pontianak yang senang Ngopi dan begitu banyaknya coffee shop baru bermunculan.

"Di sini orangnya senang Ngopi. Ada banyak warkop dan coffee shop. Tidak hanya ngopi di tempat, bahkan banyak office worker juga beli kopi untuk menemani mereka bekerja. Jadi ngopi sudah seperti kebutuhan," ujarnya.

Makanya, materi yang disampaikan Founder Kopi Tuku Andanu Prasetyo begitu ia simak dengan baik karena sangat yakin model bisnis tersebut dapat menjadi inspirasi dirinya.

Beberapa poin menarik yang disampaikan oleh Tyo pun, ia catat dalam sebuah buku.

Misalkan mengapa pelaku usaha perlu menentukan siapa target yang ingin disasar. Oleh karena ini berpengaruh dengan cara berkomunikasi dengan konsumen yang dibidik.

“Hal penting lain dari kiat yang diberikan adalah Ketika kopi dikonsumsi setiap hari, maka itu tidak akan terlalu menganggu keuangan si konsumen. Artinya harga jual produk kopi haruslah yang terjangkau.

Collabonation Tour Hadir di Pontianak, Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Rasakan Sensasi Jaringan Baru

Nah, bercerita soal platform digital IDE, Nira mengaku tak sengaja mendapatkan info tersebut dari Instagram @indosatbusiness. IDE dirilis oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) pada 13 Oktober 2022. Artinya platform ini terbilang masih baru.

Platform digital IDE adalah solusi dari IOH guna memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia agar memanfaatkan sumber daya digital.

Tujuannya untuk membantu pelaku UMKM bisa mengembangkan bisnis dan siap menghadapi era digital, serta momen menghidupkan kembali ekonomi Indonesia pasca-pandemi Covid-19.

Saat menjelajahi platform IDE, Nira mengaku butuh waktu untuk menemukan konten yang pas dengan bisnis yang ingin dia jalankan. Tapi ia sepakat, isi yang disajikan IDE sangat berkualitas karena menghadirkan para expert di bidangnya.

Akan tetapi, ia semakin excited saat mulai bergabung. Langkah awal yang dia lakukan adalah mengunjungi tautan https://ide.ioh.co.id/  dan dia pun mencoba melakukan pendaftaran.

“Mulanya iseng, karena ingin tahu. Tapi malah nagih sekali. Karena itu daging semua isinya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved