Bupati Sanggau Ungkap Pencapaian Pemkab di Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur

"Saya selalu bilang, memang harus Sarjana tapi yang bapak inginkan jangan kalian hanya ingin mendapat sesuatu yang formal saja. Misalnya mau jadi A at

TRIBUNPONTIANAK/FERLIANUS TEDI YAHYA
Bupati Sanggau Paolus Hadi(kiri) hadir di acara triponcast, sebuah acara podcast dari Tribun Pontianak yang di pimpin langsung Pimpinan Redaksi Tribun Pontianak Safruddin sebagai host (kanan) , yang digelar di Studio Tribun Pontianak secara live pada Senin, 28 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Bupati Sanggau, Paolus Hadi dalam beberapa kesempatan memberikan pengarahan kepada calon mahasiswa yang dibiayai Pemkab Sanggau menjelaskan kepada calon sarjana agar jangan hanya mendapat sesuatu yang formal.

"Saya selalu bilang, memang harus Sarjana tapi yang bapak inginkan jangan kalian hanya ingin mendapat sesuatu yang formal saja. Misalnya mau jadi A atau B, tapi gunakanlah ilmu kalian untuk membuka celah dunia," kata Bupati saat menjadi narasumber di TribunPontianak Podcast (TriponCast), Senin 28 November 2022.

Ia menjelaskan, ketika bicara celah dunia mahasiswa bisa melihat dan peka sehingga bisa mencari celah untuk lebih maju. Bupati yang akrab disapa PH ini memberi contoh bagaimana membuka celah dunia.

Saat ini mungkin kita punya kebun kelapa sawit dan jamurnya dibuang begitu saja. Tetapi adakah yang berpikir agar membuat teknologi pengolahan jamur sawit.

“Adakah dari yang sekolah ini bagaimana membuat jamur sawit itu menjadi sebuah teknologi sehingga bisa berkembang. Nah itu kan membuka celah dunia," ujarnya.

Bupati Sanggau Serahkan Kepesertan BPJS Ketenagakerjaan Kepada 1000 Petani

Karena itu, dengan meningkatnya jumlah sarjana di Kabupaten Sanggau, Bupati berharap mereka menjadi seorang sarjana berkualitas.

Guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM), Pemkab Sanggau sudah bekerja sama dengan universitas di pulau Jawa dengan MoU yang saling menguntungkan.

"Untuk anak-anak yang saya kirim untuk mengikuti perkuliahan itu dibiayai. SPP nya semuanya dari universitas namun dengan catatan IPK harus di atas 2,5. Sekarang sudah kita tingkatkan untuk mereka juga bisa berprestasi," katanya.

Pendidikan yang dibiaya Pemkab Sanggau tak hanya untuk menempuh sarjana. Dokter spesialis, program doktor, magister juga didorong dengan biaya pemda. Dengan dorongan yang sudah diberikan oleh pemerintah, Bupati berharap kepada masyarakat Sanggau untuk terus mempertahankan Sabang Merah.

"Ketika kita mengukir sekecil apapun itu bagian dari mengukir sejarah dan semangat Sabang Merah. Apapun yang kita lakukan itu untuk kemajuan Sanggau tercinta," katanya.

Perkembangan di bidang Kesehatan

Di sisi lain, Bupati Sanggau menjelaskan pembangunan bidang Kesehatan. Ia menjelaskan, fasilitas umum Kesehatan yang dimiliki saat ini ada 19 puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sanggau. Ada juga punya juga satu buah rumah sakit di daerah perbatasan.

Rumah sakit itu masih membutuhkan penguatan tentang fasilitas pendukung, terutama SDM.

"Walaupun RS perbatasan masih tipe D atau Pratama, ini juga akan kita kuatkan dimana dokternya kita usahakan lengkap. SDM yang susah dicari," katanya.

Paolus Hadi Tahun Depan Akan Fokus Selesaikan Rumah Sakit Dengan Fasilitas Rawat Inap di Sanggau

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved