Siswi SMAK Immanuel Pontianak Raih Medali Emas di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2022

Kepala Sekolah SMA Kristen Immanuel Pontianak Annes menjelaskan kegiatan OPSI tersebut diselenggarakan secara online. 

Istimewa
Nadya Angelie Lislie, Siswi SMAK Immanuel Pontianak yang berhasil meraih medali emas dalam ajang lomba tahunan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada 21 hingga 25 November 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Siswi SMA Kristen (SMAK) Immanuel Pontianak bernama Nadya Angelie Lislie berhasil meraih medali emas dalam ajang lomba tahunan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun 2022. 

Kepala SMAK Immanuel Pontianak, Annes menjelaskan kegiatan OPSI tersebut diselenggarakan secara online. 

"OPSI 2022 tersebut diselenggarakan secara online dan diikuti oleh 333 tim Fisika Terapan Rekayasa, 1053 tim Ilmu Sosial Humaniora, serta 1091 tim Matematika, Sains, dan Teknologi dari seluruh Indonesia," katanya kepada Tribun Pontianak Senin, 28 November 2022.

Penyelenggaraan final OPSI diadakan dari tanggal 21 hingga 25 November 2022. Lomba ini diadakan dalam bentuk pembuatan video presentasi, expo online, dan sesi wawancara mengenai hasil penelitian dari para pelajar. 

"Tim SMAK Immanuel Pontianak mempresentasikan karya yang berjudul "Expressive Writing Sebagai Metode Coping Stres pada Siswa-Siswi Kelas XII SMA IBC Tahun Ajaran 2022/2023," katanya. 

Jadi MC Welcome Dinner BIMP EAGA Pontianak, Yulida Safitri Ternyata Lulusan Keio University Jepang

Annes juga menjelaskan, karya ini memberikan informasi tentang pentingnya coping stres, yaitu metode untuk meminimalisir stres dan pengaruh expressive writing sebagai metode coping yang berfokus pada emosi dalam menurunkan tingkat stres akademik siswa-siswi. 

"Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa pelaksanaan dua sesi expressive writing memiliki tingkat keberhasilan 69 persen dalam menurunkan nilai stres akademik siswa-siswi," jelasnya. 

Lomba ini terdiri dari tiga tahap, pada tahap pertama, para peserta akan membuat proposal penelitian yang kemudian akan diseleksi untuk bergabung dalam tahap kedua. 

Kemudian pada tahap kedua adalah tahap terpanjang yang terdiri dari penelitian dan pembuatan laporan hasil penelitian serta logbook. 

Jadi MC Welcome Dinner BIMP EAGA Pontianak yang Curi Sorotan, Begini Persiapan Yulida Safitri

Selanjutnya, tahap ketiga diikuti oleh 100 tim yang telah lolos seleksi. 

"Pada tahap ini, peserta membuat video presentasi, ppt, poster, video promosi berupa tiktok, dan melaksanakan expo online yang dibuka untuk umum. Lomba ini kemudian dilanjutkan dengan sesi wawancara secara online yang dilakukan oleh empat juri selama 45 menit," jelasnya. 

Sebelum wawancara dimulai, video presentasi yang telah peserta buat sebelumnya diputar ulang dan disaksikan bersama para juri. 

"Pada saat sesi wawancara, para juri memberikan beberapa pertanyaan seperti mengapa peneliti memilih topik tersebut dan lainnya," jelas Annes

Para juri juga memberikan beberapa masukan yang menurut saya sangat membangun seperti alasan mengapa saya seharusnya mengambil sampel yang lebih luas, pentingnya mempertimbangkan confounding variable, dan lainnya. 

Kegiatan OPSI 2022 juga diisi dengan dua sesi webinar pada tanggal 24 November 2022. Pada akhirnya, tim SMAK Immanuel Pontianak meraih medali emas dalam bidang Ilmu Sosial Humaniora.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved