Lokal Populer

Program Konversi BBM Ke BBG Untuk Kapal Penangkap Ikan Bagi Nelayan di Kayong Utara

berharap, bantuan yang akan diberikan ini dapat dimaksimalkan oleh nelayan di Kabupaten Kayong Utara.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Jovi Lasta
Beberapa nelayan sedang memasang dan mencoba menghidupkan mesin untuk kapal, dalam paket konversi BBM ke BBG untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan sasaran tahun anggaran 2022 di Kampung Nelayan, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Jumat 18 November 2022. TRIBUN PONTIANAK/Jovi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kayong Utara menyampaikan tentang program konversi BBM ke BBG untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan sasaran tahun anggaran 2022 di Kampung Nelayan, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, Jumat 18 November 2022.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kayong Utara, Susianto menerangkan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dari DPR-RI dengan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI beserta Pertamina.

“Sasaran yang diberikan kepada nelayan di Kayong Utara yaitu sejumlah 554 unit, dari ini terdiri dari 3 varian, A, B, dan C. Dari jumlah varian ini, Kabupaten Kayong Utara mendapatkan untuk varian A 430 unit, B 16 unit dan C 108 unit,” kata Susianto.

Kedepannya, akan dilakukan distribusi kepada nelayan di enam Kecamatan wilayah Kabupaten Kayong Utara.

KPU Kayong Utara Upayakan Maksimal Jaga Keamanan Data Pemilih

 “Dari ini didistribusikan kepada nelayan-nelayan di Kepulauan Karimata 92 unit, Pulau Maya 68 unit, Seponti 24 unit, Simpang Hilir 166 unit, Sukadana 153 unit dan Teluk Batang 51 unit,” Ia menambahkan.

Susianto berharap, bantuan yang akan diberikan ini dapat dimaksimalkan oleh nelayan di Kabupaten Kayong Utara.

“Kami harap kedepannya bisa memanfaatkan bantuan ini secara optimal dan maksimal. Berkenaan dengan distribusi ini, kita beri kesempatan untuk nelayan yang ada di Sukadana untuk segera melengkapi persyaratan, administrasi dan teknis yang dibutuhkan untuk didistribusikan,” ucapnya.

Diwaktu yang sama, Sales Brand Manager Pertamina Kalbar, Agung Dwi Hanggara menerangkan bahwa untuk pangkalan dari paket konversi ini akan dipersiapkan khusus untuk nelayan.

“Dari konversi ini kita sudah siapkan pangkalan khusus untuk nelayan, jadi tabung yang dibagikan nanti ada di pangkalan yang khusus. Pembeliannya sesuai nelayan yang terdaftar (bantuan ini),” jelasnya.

Nelayan Merasa Terbantu

Nelayan di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, merasa terbantu atas penyaluran paket konversi BBM ke BBG untuk nelayan sasaran tahun anggaran 2022 di Kampung Nelayan, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar.

Hal ini diungkapkan satu diantara nelayan dari Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Hermanto bahwa ia merasa senang telah mendapat bantuan ini.

“Alhamdulillah yang jelas kami senang sebagai nelayan mendapat bantuan (mesin) yang sejenis modern dan menghemat kantong (ongkos) kami,” katanya, Jumat 18 November 2022.

BPBD Kayong Utara Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Menurutnya, mengenai pengoperasian dari paket ini mungkin akan diperlukan belajar sedikit untuk tata cara menggunakan namun hal ini dirasa tidaklah sulit.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved