Karnaval Air dan Jepin Massal Akan Meriahkan HUT ke-251 Kota Pontianak

Seperti diketahui, hari puncak HUT ke-251 ini akan berlangsung pada 23 Oktober 2022.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Faiz Iqbal Maulid
TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD LUTHFI
Ratusan anak-anak beserta orang tua ikuti pawai keliling kawasan Taman Sepeda Untan untuk Semarakan HUT Kota Pontianak ke-251, di Kawasan Taman Sepeda Untan, Rabu, 19 Oktober 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Karnaval air dan jepin Massal akan meriahkan HUT ke-251 Kota Pontianak pada tahun 2022 ini.

Seperti diketahui, hari puncak HUT ke-251 ini akan berlangsung pada 23 Oktober 2022.

Wali Kota Pontianak Edi Kamtono mengatakan bahwa Karnaval Air merupakan acara utama pada peringatan Hari Jadi Kota Pontianak, karena pada karnaval tersebut sekaligus ziarah Akbar ke makam kesultanan Kadariah di Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara Kota Pontianak Kalimantan Barat.

Karnaval air dengan menyusuri Sungai Kapuas menggunakan kapal, sampan dan lancang kuning ini merupakan rangkaian Napak Tilas Perjalanan Sultan Pontianak I yaitu Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie sebagai pendiri Kota Pontianak pada tahun 1771 silam.

"Hari Jadi Kota Pontianak acara utamanya adalah ziarah Akbar ke makam batu layang dan tahlil bersama dan pada 23 upacara hari Jadi di Taman Alun Kapuas," ujarnya.

"Kemudian kita bekerjasama dengan kesultanan akan ada karnaval air susur sungai yang akan diikuti oleh raja-raja se-Kalimantan," timpal Edi.

Edi Kamtono Dorong Warkop Bantu Tingkatkan Branding Pontianak, Warga: Warkop Wadah untuk Berdiskusi

Untuk karnaval air ini, startnya dari Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman ke makam batu Layang. Kemudian balik lagi ke masjid Jami.

Selain itu, kata Wako Edi, pada Minggu 23 Oktober 2022 akan ada upacara HUT ke-251 Kota Pontianak di Taman Alun Kapuas. Pada rangkaian itu juga akan ada ada penyulutan meriam karbit yang akan dibunyikan di alun Kapuas.

"Kemudian setelah upacara akan ada jepin massal di Taman Alun Kapuas," katanya.

Tari Jepin ini  merupakan salah bentuk ekspresi kegembiraan masyarakat dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Pontianak.

Gelaran tari jepin massal tahun 2022 ini merupakan pertama kalinya digelar pada peringatan Hari Jadi Kota Pontianak pasca pandemi Covid-19 yang telah melanda 2 setengah tahun terkahir.

Namun sebelum hari puncak peringatan Hari Jadi ke-251 Kota Pontianak ini, berbagai rangkaian kegiatan telah digelar, baik oleh masyarakat, pelaku usaha swasta maupun pemerintah. Seperti gelaran kegiatan Pontianak expo, kegiatan lomba, dan olahraga seperti fun bike bike 251 kilometer keliling Kota Pontianak, serta kegiatan kreatif lainnya.

Semarakan HUT Kota Pontianak, Ratusan Anak-anak Pawai Keliling Kenakan Pakaian Adat Melayu

Selain itu, dalam rangka untuk memeriahkan HUT ke-251 Kota Pontianak, Wako Edi juga menganjurkan kepada semua pihak, baik Pemerintah, swasta maupun BUMD dan sekolah-sekolah agar mengenakan batik khas kota Pontianak seperti batik corak insang dan telok belangak sejak Jumat 21 Oktober 2022.

"Berbagai kegiatan sudah mulai seperti pemasangan bunga manggar, supaya masyarakat Kota Pontianak merasakan aura Hari Jadi Kota Pontianak sehingga merasa bangga dan cinta dengan kotanya sendiri," imbuhnya.

"Kita gaungkan simbol-simbol khas Kota Pontianak seperti pakaian corak insang, Telok belangak, bunga manggar dan hiasan lainnya. Serta bagi pelaku usaha baik restoran hotel dan usaha lainnya bisa memberikan diskon bonus di Hari Jadi agar lebih semarak," tutupnya.

Cek berita dan artikel mudah diakses di Google News

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved