Apa Itu Paspor Elektronik ? Berikut Daftar Alamat Kantor Imigrasi Seluruh Indonesia!

Penggunaan Paspor biasa maupun E-Paspor adalah dokumen negara yang sah dan bisa digunakan ke negara mana pun.

Kompas.com
Ilustrasi Paspor- Berikut daftar lengkap kantor Imigrasi seluruh Indonesia, terdapat 52 Kantor disetiap wilayah yang bisa untuk mengajukan pembuatan E-Paspor. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Paspor Elektonik ( E-Paspor ) penggunaanya sama yaitu diperlukan saat berpergian ke luar negeri, sebab Paspor menjadi bukti identitas yang sah bagi warga Negara Asing ( WNA ).

Tidak hanya paspor biasa, Indonesia telah menerbitkan paspor elektronik ( E-Paspor ) yang bisa diajukan oleh masyarakat luas.

Dilansir dari laman Imigrasi, tidak ada perbedaan perlakuan terhadap paspor biasa maupun Paspor elektronik.

Penggunaan Paspor biasa maupun E-Paspor adalah dokumen layaknya KTP saat berkunjung keluar negeri.

Paspor elektronik ( E-Paspor ) memiliki chip yang menyimpan data biometrik wajah dan sidik jari. Dengan adanya data biometrik pada chip tersebut membuat Paspor elektronik lebih sulit dipalsukan.

Cara dan Syarat Ganti Paspor yang Habis Masa Berlaku Via Online Dengan Aplikasi M-Paspor!

Jadi secara sederhana perbedaan antara E-Paspor dan Paspor biasa terletak pada adanya chip yang menyimpan data biometrik dan bisa diakses dengan sistem digitalisasi.

Chip ini bisa dipindai. Sehingga pengguna paspor elektronik bisa melewati auto-gate di bandara yang menyediakan fasilitas tersebut.

Untuk mengakses Paspor elektronik masyarakat bisa mengajukannya dengan datang langsung kekantor imigrasi disetiap wilayah Indonesia, berikut ini kami lampirkan daftar alamat 52 Kantor Imigrasi yang bisa digunakan untuk menerbitkan paspor elektronik ( E-Paspor ) di seluruh Indonesia:

1. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam; Jl. Engku Putri No.3, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau

2. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan; Jalan Gatot Subroto KM. 6,2 No. 268A, Sei Sikambing C. II, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara

3. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai; Jl. Raya Taman Jimbaran No.1, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali

4. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta; Jl. Soekarno-Hatta International Airport, Komplek Perkantoran, Pajang, Tangerang

5. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya; Jl. Raya By pass Juanda No.KM.3-4, Manyar, Sedati Agung, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

6. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat; Jl. Pos Kota No.4, RT.9/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved