Breaking News:

Lokal Populer

Gerakan Sederhana Kampung Baca Tansal Berkembang Positif Setiap Tahun

Badar pun mengembangnya Kampung Baca dan menyadari menarik minat baca dengan hanya memajang buku-buku tidak membuat pengunjung bertahan lama.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa/(Dok Badar).
Anak-anak antusias berkumpul untuk belajar bersama. (Dok Badar). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berawal dari gerakan sederhana Kampung Baca Tansal yang didirikan Siti Badariah berkembang positif setiap tahunnya.

"Berawal dari hal sederhana, gerakan ini ingin mengantarkan bahan bacaan agar lebih dekat dengan masyarakat sehingga lebih mudah dalam membaca buku," ujar Badar, Jumat 30 September 2022.

Badar pun mengembangnya Kampung Baca dan menyadari menarik minat baca dengan hanya memajang buku-buku tidak membuat pengunjung bertahan lama.

Untuk ia memiliki ide perlu dibuatkan sebuah kegiatan seru dan menarik agar yang berkunjung di taman baca semakin ramai.

Pemkot Pontianak Susun RKT Program USAID IUWASH Tangguh

"Alhamdulillah kondisi kampung baca Tansal setiap tahu selalu ada peningkatan. Mulai dari tempatnya hingga capaian kegiatannya. Awalnya Kampung Baca Tansal berada di selasar rumah kemudian pada tahun 2018 membuka sebuah cabang yang terletak di Dusun Parit Pangeran," ujarnya.

Bentuk tempatnya sebuah bangunan seperti gubuk yang beratap daun dan kini semakin indah dengan cat warna warni dan gambar menarik. Namun rumah tersebut masih numpang rumah masyarakat.

"Kemudian secara Lembaga yang awalnya Cuma kegiatan sederhana kini menjadi sebuah Yayasan yeng bergelut di bidang Pendidikan nonformal. Dengan sebutan Yayasan PKBM Kampung Baca Tansal dan kini mulai membuka sekolah untuk orang tua dan sekolah paket A,B,C," ujarnya.

Berikut program yang dibuat Badar:

Perahu Baca

Membaca buku di atas perahu untuk menciptakan susanan membaca yang lebih menyenangkan.

Ngelapak buku diperahu

Membawa buku-buku ke daerah yang sulit menjangkau TBM Kampung Baca Tansal agar meraka dapat menikmati bahan bacaan.

Mengkampanyekan gerakan gemar membaca di desa tanjung saleh dengan membuat kegiatan seru di perahu sambil menyelusuri sungai.

Ahad Cerdas

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved