Aplikasi Semarong Mobile Hadirkan Kanal Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan

Kita sebagai anggota ingin merasa terlindungi baik aset maupun jiwa raganya. Maka dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan kita sangat terbantu.

Editor: Nina Soraya
Dok/Dinas Koperasi UMK Kalbar
Kabid Perizinan Dinas Koperasi dan UMK Provinsi Kalbar, Resmi Guno, melaunching Kanal Bayar BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi Semarong Mobile di Pontianak pada Jumat 30 September 2022. CU Semarong bersama BPJS Ketenagakerjaan menghadirkan kanal pembayaran iuran melalui aplikasi Semarong Mobile. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Satu lagi inovasi yang dihadirkan oleh CU Semarong yakni aplikasi Semarong Mobile yang menyediakan kanal pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Motivasi ini dilakukan mengingat saat ini ada ribuan angota Credit Union atau CU Semarong telah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua Pengurus KSP CU Semarong Daniel menjelaskan ketertarikan kerjasama ini bermula dari CSR yang diberikan kepada 3000-an anggota CU yang berstatus sebagai pekerja rentan.

CSR berupa perlindungan jaminan ketenagakerjaan, di mana iuran awalnya ditanggung oleh CU Semarong.

Pekerja rentan ini di antaranya nelayan, petani, buruh dan lainya.

“Ketika mereka akan melanjutkan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan di bulan berikutnya, mereka mengalami kendala.

Karena biasanya pembayaran harus dilakukan di Kantor Pos dan  lainnya.  Jadi kami bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan menghadirkan solusi yakni menyiapkan kanal pembayaran iuran di Semarong Mobile.

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Jaminan Kematian pada Ahli Waris Anggota CU Semarong

Ini untuk membantu anggota kita,” jelas Daniel saat menghadiri Launching Kanal Bayar BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi semarong Mobile.

Hingga September 2022, sudah lebih dari 4000-an CSR CU Semarong diberikan pada anggotanya dengan mandaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pendiri CU Semarong, Robertus Ajon mengaku dengan kanal pembayaran ini menjadikan anggota CU makin terbantu.

Mengingat pentingnya anggota menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sehingga bisa terlindungi.

“Kita sebagai anggota ingin merasa terlindungi baik aset maupun jiwa raganya.

Maka dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan kita sangat terbantu dan makin bersyukur lewat kehadiran program ini. Kita berharap semua anggota bisa ikut partisipasi,” kata Robertus.

Kepala Kantor Cabang Pontianak BPJS Ketenagakerjaan, Ryan Gustaviana, mengatakan lewat kerjasama dengan CU Semarong ini akan membuka peluang masyarakat untuk mendapatkan informasi lebih terkait program jaminan sosial ini.

Pemkab Mempawah Lindungi Pekerja Rentan dan Jasa Konstruksi dengan BP Jamsostek

Serta meningkatkan literasi khususnya program jaminan perlindungan diri.

“Yang bisa pakai aplikasi CU Semarong ini para anggotanya, mereka tinggal buka aplikasi untuk melakukan pembayaran. Bisa membayarkan iuran untuk sebulan sekali bahkan langsung setahun juga bisa,” papar Ryan.

 

Kabid Perizinan Dinas Koperasi dan UMK Provinsi Kalbar, Resmi Guno, menyampaikan apresiasi pada CU Semarong yang telah mendukung program pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi anggotanya.

“Program CSR pada pekerja rentan ini juga sangat kami apresiasi dan diharapkan Koperasi besar lainnya di Kalbar bisa meniru langkah serupa agar lebih banyak lagi pekerja rentan di Kalbar tercover perlindungan keselamatan diri dari risiko-risiko pekerjaan,” ujar Resmi Guno.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved