Pemkab Mempawah Lindungi Pekerja Rentan dan Jasa Konstruksi dengan BP Jamsostek

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Ekbang Kesra Rohmat Effendy, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak Ryan Gustaviana, Kepala OPD terkait

Penulis: Ramadhan | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Dok. Prokopim Pemkab Mempawah
Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail, mewakili Bupati Mempawah menghadiri Audiensi Peningkatan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Mempawah khususnya terkait Perlindungan Pekerja Jasa Konstruksi dan Program 1 Desa 100 Tenaga Kerja Rentan bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak, di Aula Balairung Setia Kantor Kementerian, Rabu 20 Juli 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Ismail, mewakili Bupati Mempawah menghadiri Audiensi Peningkatan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Mempawah khususnya terkait Perlindungan Pekerja Jasa Konstruksi dan Program 1 Desa 100 Tenaga Kerja Rentan bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak.

Kegiatan tersebut digelar di Aula Balairung Setia Kantor Bupati Mempawah, Rabu 20 Juli 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Ekbang Kesra Rohmat Effendy, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak Ryan Gustaviana, Kepala OPD terkait dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di setiap OPD yang didalam kegiatannya terdapat banyak paket pekerjaan fisik, serta pihak-pihak yang berkepentingan dalam penyusunan anggaran desa.

Rayakan HUT Ke-64 Kodam Xll/Tpr, Kodim Mempawah Gelar Ziarah di Makam Pahlawan Putra Bangsa

Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah Ismail, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas inisiasi BPJS Ketenagakerjaan, yang mempunyai atensi terhadap perlindungan tenaga kerja khususnya pekerja jasa konstruksi dan Gerakan 1 Desa 100 Pekerja rentan.

“Atas nama Pemkab Mempawah saya menyambut baik atas inisiasi BJPS Ketenagakerjaan ini, saya berharap seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Mempawah dapat mencermati dan memahami hal-hal substansial apa saja yang boleh disikapi, karena keberadaan kita selaku pemerintah harus hadir untuk melindungi masyarakatnya,” ujarnya, Kamis 21 Juli 2022.

Ismail melanjutkan, kegiatan yang digelar merupakan respon dalam menyikapi aturan-aturan yang ada dalam hal memberikan perlindungan untuk pekerja konstruksi dan pekerja rentan.

“Jangan sampai Kabupaten Mempawah dianggap tidak peduli terhadap perlindungan pekerja,” tegasnya.

Untuk itu Ismail meminta kepada Kepala OPD terkait dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di setiap OPD yang didalam kegiatannya terdapat pekerja jasa konstruksi untuk memberikan proteksi kepada pekerjanya berupa Jaminan Keselamatan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) melalui BPJS Ketenagakerjaan, dan untuk Gerakan 1 Desa 100 Pekerja diminta kepada kepala OPD terkait agar menyusun regulasi untuk menganggarkan BPJS Ketenagakerjaan di APBdes tahun 2023.

“Saya tekankan kepada seluruh kepala OPD dan PPK didalam kesehariannya mempekerjakan pekerja jasa konstruksi untuk memaksimalkan dan mendaftarkan pekerja tersebut dalam keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Lebih lanjut Ismail turut menyampaikan bahwa untuk perlindungan masyarakat Mempawah secara menyeluruh, kontribusi pemerintah untuk pelindungan pekerja rentan harus dijalankan dengan sinergi dari seluruh pihak terkait.

"Hanya dengan Rp 16.800 per bulan, pekerja rentan sudah bisa terlindungi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," terangnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak, Ryan Gustaviana berharap kegiatan yang digelar dapat menyamakan persepsi seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), bahwa program perlindungan Jamsostek melalui BPJS Ketenagakerjaan adalah hak mutlak para pekerja/buruh lapangan dan hal tersebut merupakan kewajiban yang sudah tercantum dalam regulasi yang berlaku.

Ia juga berharap nantinya muncul kebijakan yang dapat mendukung peningkatan perluasan manfaat perlindungan Jamsostek bagi seluruh pekerja di wilayah Kabupaten Mempawah, dalam Gerakan Perlindungan 1 Desa 100 Pekerja Rentan. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved