Wapres Maruf Amin Hadiri Perayaan Hari Lahir Nabi Kong Zi di Pontianak

Tahun ini untuk perayaan Ulang tahun Kong Zi secara nasional dilaksanakan oleh Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) di Pontianak.

Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Pandito
Wapres berikan sambutan pada Perayaan Nasional Hari Lahir Nabi Agung Kong Zi, yang berlangsung di PCC Pontianak, Kamis 22 September 2022. // Tribun Pontianak, Pandito 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Agenda utama Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Presiden RI, Maruf Amin ke Kalbar yakni menghadiri acara Perayaan Nasional Hari Lahir Nabi Kong Zi, yang berlangsung di PCC Pontianak, Kamis 22 September 2022.

Tahun ini untuk perayaan Ulang tahun Kong Zi secara nasional dilaksanakan oleh Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) di Pontianak.

Seperti diketahui bahwa pada tanggal 27 Agustus tahun 2573 Kongzili atau Imlek, yang pada tahun ini bertepatan dengan 22 September 2022, merupakan ulang tahun Kong Zi, Khonghucu atau Confucius ke 2573, yang mana lahir bertepatan dengan tahun 551 sM.

Ketua Umum Dewan Rohaniwan/Pimpinan Pusat Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), Budi S. Tanuwibowo mengatakan setiap mengenang kelahiran tokoh-tokoh besar, sebaiknya tidak sekedar merayakan ulang tahunnya, tetapi juga mengkaji dan menyelami kembali jalan pikiran dan jejak langkah sang tokoh.

“Demikian juga ketika kita mengenang Kongzi, seorang Nabi Agung, nabi terakhir dalam agama Ru atau Khonghucu, yang juga dikenal sebagai filsuf agung dari Timur,”ujarnya.

Sejumlah Bantuan yang Diserahkan Langsung Wapres Ma’ruf Amin di Pontianak

Budi S. Tanuwibowo mengatakan, suatu ketika Kongzi ditanya salah satu muridnya tentang pemerintahan yang baik. Kongzi menjawab, "Cukup makan, cukup persenjataan (kuat pertahanannya) dan ada kepercayaan rakyat".

Ketika dikejar mana dari ketiganya yang terpenting, Kongzi menjelaskan bawah pemerintah - pemimpin yang dipercaya akan mampu menyatukan rakyat, mengajaknya untuk berjuang bersama melewati berbagai macam kesulitan.

Pada acara tersebut, dihadapan Wapres juga ditampilkan persembahan tari Tionghoa,Dayak, Melayu (Tidayu), dan juga pembacaan puisi. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved