Lokal Populer

Rangkaian Ritual Adat Sebelum Puncak Tradisi Robo-robo di Kabupaten Mempawah

Mohlis menyebut, untuk rangkaian memeriahkan Robo-robo Tahun 2022 juga dilaksanakan selama sebulan yang dipusatkan di Pelabuhan Regional Kuala Mempawa

Penulis: Ramadhan | Editor: Destriadi Yunas Jumasani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Ketua Panitia Pelaksana Robo-robo Mempawah, Mohlis Saka. (Dok. Istimewa) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ketua Panitia Pelaksana Robo-robo Mempawah, Mohlis Saka, menyampaikan jadwal rangkaian acara Pagelaran Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tradisi Robo-robo Keraton Amantubillah Kerajaan Mempawah Tahun 2022.

Mohlis menyebutkan acara puncak tradisi Robo-robo akan dilaksanakan pada Rabu 21 September 2022.

Namun, sebelum acara puncak, ada beberapa rangkaian ritual lainnya yang akan dilaksanakan.

"Sebelum acara puncak ada beberapa rangkaian adat yang dilaksanakan oleh pihak kerajaan, yakni pada hari ini Senin 19 September 2022, ada pencucian pusaka kerajaan, dan acara Haul Opu Daeng Manambon," terang Mohlis Saka, Senin 19 September 2022 siang.

Kejati Kalbar Tetapkan Tersangka Baru Tipikor Pembebasan Lahan di Mempawah

Kemudian rangkaian selanjutnya pada Selasa 20 September akan dilaksankan kegiatan ritual lainnya seperti ziarah Akbar makam Raja Mempawah di Sebukit Rama.

"Untuk besok ada ziarah Akbar makam Raja Mempawah, pelepasan puaka buaya, pengukuhan raja muda dan pangeran patih, Gelar adat Toana yakni di dalamnya ada tari selodang Mayang penyambutan tamu, makam malam, ritual Toana, dan penganugerahan gelar kekerabatan," terangnya.

Selanjutnya pada acara puncak di Rabu 21 September 2022, dilaksanakan ritual adat makan syafar.

"Untuk hari Rabu nantinya di puncak Robo-robo ada makan syafar, gelar adat tradisi Robo-Robo (buang-buang), kirab pusaka Akbar multi etnis Mempawah, membunyikan meriam pusaka, ritual adat buang-buang ke laut, ritual adat tepung tawar kapal nelayan, ramah tamah. Kemudian sorenya ada gelar adat pihak tanah, dan malamnya hiburan musik di halaman Kraton Amantubillah Kerajaan Mempawah," jelas Mohlis.

Mohlis menyebut, untuk rangkaian memeriahkan Robo-robo Tahun 2022 juga dilaksanakan selama sebulan yang dipusatkan di Pelabuhan Regional Kuala Mempawah.

"Kalau untuk rangkaian memeriahkan Robo-robo turut kita laksanakan selama sebulan, sejak 14 September hingga 14 Oktober nantinya, kita isi dengan berbagai kegiatan hiburan malam, dan juga ada beberapa perlombaan serta permainan," terangnya.

"Semoga kegiatan Robo-robo Tahun 2022 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, tidak ada kendala apapun," tutupnya. 

Dukungan TNI

Danramil 1201-07/Mempawah Hulu Kapten Czi Joko Umbaran melakukan pemantauan kegiatan Karya Bakti pada Senin 19 September 2022.

Kegiatan dilaksanakan menjelang atau menyambut HUT TNI Ke 77 dan Perayaan Budaya Robo-robo yang diselenggarakan di Desa Karangan, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak.

Peringkat Liga 2 Indonesia usai PSIM Yogyakarta Kalah Telak dari Klub Atta Halilintar - Bekasi City

Kegiatan perayaan budaya Robo-Robo adalah pembacaan doa tolak bala yang menjadi rutinitas warga melayu Desa Karangan, yang sudah turun temurun tersebut selalu diselenggarakan dengan kegiatan ritual Robo-robo.

Kapten Czi Joko Umbaran mengatakan, penyelenggaraan kegiatan rutinitas tersebut berlangsung selama 4 hari."Acara dimulai pada Minggu 18 September 2022, dan ditutup pada hari Rabu 21 September 2022," ujarnya

Danramil menambahkan bahwa ia turut mengapresiasi kegiatan perayaan budaya Robo-Robo. Sekaligus hiburan rakyat dan bermacam perlombaan.

Antara lain karnaval busana adat melayu, lomba karaoke dangdut, pergelaran seni tari, perlombaan permainan rakyat dan berbagi doorprize.

"Dengan diadakan kegiatan perayaan budaya Robo-Robo sekaligus acara hiburan seperti ini, dapat meningkatkan rasa cinta terhadap budaya dan tradisi, serta meningkatkan persaudaraan bagi warga masyarakat, dan acara ini sangat menjadi hiburan bagi warga sekitar," tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved