Inventarisasi Aset Sekolah, Disdikbud Sambas Siapkan Dokumen Apabila Ada Klaim Pihak Lain

"Sudah tentu, setelah kita selesai menginventarisasi aset-aset dimaksud, tidak menutup kemungkinan ada aset yang bermasalah," tuturnya.

Penulis: Imam Maksum | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/IMAM MAKSUM
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sambas, Sumekto Hadi Suseno, saat memberikan sertifikat tanah. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sambas, Sumekto Hadi Suseno menerangkan pihaknya akan mencarikan solusi apabila terjadi permasalahan terkait tata kelola aset, Selasa 20 September 2022.

Sumekto Hadi Suseno mengatakan pihaknya melakukan inventarisasi aset Disdikbud Sambas sebagai tindak lanjut program tata kelola keuangan dan aset.

Dia menjelaskan dari inventarisasi yang dilakukan, ada kemungkinan ditemukan aset yang bermasalah.

"Sudah tentu, setelah kita selesai menginventarisasi aset-aset dimaksud, tidak menutup kemungkinan ada aset yang bermasalah," tuturnya.

Tata Kelola Keuangan dan Aset, Disdikbud Sambas Inventarisasi Satuan Pendidikan

Dia menyebutkan, diantaranya kemungkinan ditemukan aset yang tidak mempunyai alas hak kepemilikan atau alas hak belum bersertifikat. Bahkan dapat berupaya aset tersebut diakui oleh pihak lainnya.

"Misalnya tidak ada alas hak kepemilikan atau alas hak belum bersertifikat atau bahkan bisa jadi diakui oleh pihak lain," jelasnya.

Untuk itu, dia menambahkan, pihaknya akan mentabulasi permasalahan yang ada untuk dicarikan solusi penyelesaiannya berdasarkan permasalahan yang ada.

"Misalnya untuk yang belum bersertifikat dengan dokumen yang lengkap, maka kami akan mendorong berkas ke Bakeuda Sambas dan dilanjutkan ke BPN," tegasnya.

Selain itu, apabila permasalahan berupa aset diakui pihak lain maka Disdik akan menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yang dimiliki untuk segera ditetapkan alas haknya.

"Atau misalnya karena persoalan diakui pihak lain, tentunya kami akan menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yang kami miliki untuk segera ditetapkan alas haknya," jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel Mudah Diakses di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved