Berapa Lama Urus Akta Nikah?Berikut Syarat dan Cara buat Akta Nikah Terbaru!

Akta Nikah merupakan bukti yang mencatat perkawinan pasangan yang telah melansungkan pernikahan menurut hukum dan tata cara agama.

Tribunnews
Ilustrasi akta nikah-Artikel ini membahas terkait persyaratan mengurus dokumen berupa Akta Nikah, lengkap dengan dokumen persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pemohon. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Akta Nikah merupakan bukti yang mencatat perkawinan pasangan yang telah melansungkan pernikahan menurut hukum dan tata cara agama.

Akta Nikah dibuat dan diurus melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) yang berisikan data dan menyatakan jika pasangan yang telah sah menikah menurut agama dan kepercayaannya.

Mengingat Akta Nikah merupakan dokumen penting pastinya terdapat aturan yang mengatur hal ini terkait dengan pencatatan tentang perkawinan.

Adapun  aturan yang mengatur tentang perkawinan mengacu pada Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 sekaligus menagatur instansi pelaksana tempat domisili pelapor yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006.

Lantas, Bagaimana cara dan apa syarat membuat Akta Nikah ?

Cara Mengurus Akta Perkawinan untuk Non Muslim ! Apa Saja Syarat Dokumennya ?

Simak syarat dan cara mengurus Akta Nikah berikut.

Syarat Mengurus Akta Nikah

* Surat keterangan dari masing-masing kelurahan berupa surat N1 (surat pengantar perkawinan), surat N2 (surat permohonan kehendak perkawinan),

* Surat N4 (surat izin orang tua), asli dan fotokopi (dua set)

* Fotokopi KTP kedua mempelai yang telah dilegalisasi lurah (dua lembar)

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved