Pemilu 2024

Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Putuskan Sembilan Parpol Tetap Gagal Ikut Pemilu

Hal ini bersamaan dengan putusan Bawaslu untuk Sembilan Parpol yang menggugat KPU ke Bawaslu terkait dugaan pelanggaran administratif.

Bawaslu RI
Sidang Pembacaan Hasil Pengaduan Parpol-Badan pengawas pemilu kembali memutuskan perkara yang dilaporkan tujuh partai politik terhadap KPU, Pada sidang putusan kali ini majelis hakim memutuskan jika KPU tidak terbukti melakukan pelanggaran administratif saat Tahapan pendaftaran di KPU. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) memutuskan bahwa tidak terjadi pelanggaran administratif oleh KPU saat masa pendaftaran Parpol sebagai calon Peserta Pemilu.

Hal ini bersamaan dengan putusan Bawaslu untuk Sembilan Parpol yang menggugat KPU ke Bawaslu terkait dugaan pelanggaran administratif.

Bawaslu kemudian dalam putusannya menyatakan sembilan partai tetap tidak lolos pendaftaran Pemilu 2024 dengan menolak gugatan partai-partai itu dan menyatakan KPU tidak melakukan pelanggaran administrasi pendaftaran parpol.

Sebelumnya 14 Parpol melapor ke Bawaslu dan Bawaslu kemudian memulai sidang putusan pada 25 Agustus 2022 akan tetapi Bawaslu tidak menindaklanjuti laporan lima partai lainnya.

Setelah ada putusan pendahuluan, Bawaslu menggelar sidang putusan atas laporan dari Partai Pelita dan Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU) yang telah ditindaklanjuti.

Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu RI Mengajak Mahasiswa Sukseskan Pemilu Tanpa Hoaks!

Dalam sidang yang digelar pada Jumat 9 September 2022, kedua partai dinyatakan tetap gagal lolos ke proses pendaftaran Pemilu 2024.

"Mengadili, menyatakan terlapor tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administratif pemilu. demikian diputuskan pada rapat pleno Bawaslu RI," ucap Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.

Bawaslu kembali menggelar sidang terhadap laporan dari tujuh partai lainnya pada Selasa 13 September 2022 kemarin. Hasilnya, ketujuh partai tersebut tetap gagal lolos ke proses pendaftaran Pemilu 2024.

"Mengadili, menyatakan terlapor tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran administrasi pemilu," ucap Ketua Majelis Pemeriksa Puadi.

 Berikut daftar sembilan partai yang tetap gagal lolos pendaftaran Pemilu 2024 :

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved