Permintaan Maaf Effendi Simbolon Usai Sebut TNI Seperti Gerombolan Lebih-lebih Ormas

Kisruh antara Effendi Simbolon dan TNI bermula saat politikus PDIP itu menyebut TNI geperti gerombolan.

Kompas.com
Anggota Komisi I DPR RI fraksi PDIP Effendi Simbolon mengapresiasi komitmen pemerintahan Jokowi untuk Sumut dengan selesainya pengerjaan dua jalan tol, Senin 9 Oktober 2017. Kini, Effendi Simbolon telah menyampaikan permohonan maaf kepada TNI lantaran sebut seperti gerombolan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon akhirnya menyampaikan permohonan maafnya ke TNI.

Kisruh antara Effendi Simbolon dan TNI bermula saat politikus PDIP itu menyebut TNI geperti gerombolan.

Permintaan maaf itu diutarakan Effendi Simbolon dalam konferensi pers khusus di gedung DPR RI Jakarta didampingi pimpinan Fraksi PDIP pada Rabu 14 September 2022.

"Dari lubuk hati paling dalam. Saya mohon maaf atas apapun perkataan saya yang menyinggung, yang menyakiti, yang tidak nyaman di hati prajurit, para prajurit siapapun dengan perkataan yang mungkin diartikan lain," kata Effendi Simbolon dalam konferensi pers di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 14 September 2022 dikutip dari Tribunnews.

"Sekali lagi saya mencintai TNI sesuai Tupoksi saya. Kita mencintai TNI tidak dengan mengurangi hal-hal yang kita cintai ke TNI," katanya.

Siapa Effendi Simbolon, Anggota DPR yang Dikecam Prajurit TNI AD Karena Sebut Gerombolan

Sebelumnya, Effendi Simbolon menyoroti ketidakhadiran Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman saat rapat DPR Komisi I dan TNI pada Senin 5 September 2022 lalu.

Effendi Simbolon menyebut ada ketidakharmonisan antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Jenderal Dudung Abdurachman.

"Kami banyak sekali ini temuan-temuan ini, insubordinari, disharmoni, ketidakpatuhan, ini TNI kayak gerombolan ini, lebih-lebih ormas jadinya, tidak ada kepatuhan," kata Effendi di ruang rapat DPR RI.

Pernyataan itu pun membuat prajurit TNI naik darah.

Prajurit TNI mengecam Effendi Simbolon untuk segera meminta maaf atas ucapannya itu.

Baru-baru ini beredar video prajurit TNI AD yang mengecam Effendi Simbolon.

Salah satu prajurit TNI AD bernama Kopral Dua Arif mendesak Effendi Simbolon untuk meminta maaf secara terbuka ke publik.

"Hei, kau Effendi Simbolon, anggota dewan Komisi I DPR RI. Saya, kopral. Saya tidak terima TNI dibilang seperti gerombolan. Saya minta kau segera minta maaf secara terbuka kepada TNI," tegas Arif dalam video yang beredar.

Effendi Simbolon adalah politikus senior PDIP asal Banjarmasin.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved