Cara dan Syarat Usulkan Pindah Kelas BPJS Kesehatan Kepesertaan Mandiri Gratis!

Kepesertaan BPJS Kesehatan sendiri terbagi  dalam dua ketegori yaitu BPJS Kesehatan dengan kepsertaan mandiri dan Kepesertaan PBI.

Kompas.com/Retia Kartika Dewi
Ilustrasi BPJS Kesehatan-BPJS Kesehatan dengan kepesertaan mandiri kini bisa diubah menjadi kepersetaan PBI, perubahan jenis kepesertaan ini terletak pada iuran yang sebelumnya dibebankan kepada peserta ( Mandiri ) kemudian ingin memindahkan kepesertaan dengan golongan PBI ( Gratis ). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kartu BPJS Kesehatan merupakan dokumen kartu identitas berobat setiap pesergta jaminan kesehatan untuk setiap keanggotaan pada BPJS.

BPJS Kesehatan sendiri merupakan bentuk Jaminan Sosial yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Kepesertaan BPJS Kesehatan sendiri terbagi  dalam dua ketegori yaitu BPJS Kesehatan dengan kepsertaan mandiri dan Kepesertaan PBI.

Kedua kategori ini sama saja, yang membedakannya adalah dari segi pembayaran Iuran perbulannya.

Kepesertaan dengan golongan PBI, Kepesertaan ini diperuntukan untuk masayarakat kurang mampu dengan tujuan memberikan jaminan kesehatan dan perlindungan.

Badan penyelenggara jaminan sosial memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin bergabung dalam kepesertaannya di BPJS Kesehatan.

Cek ! Ini 21 Pelayanan Yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan Terbaru Menyesuaikan Aturan KRIS

Setiap orang bisa memilih untuk mendapatkan fasilitas dan kategori kepesertaan di BPJS, terdapat dua kategori yang pertama BPJS Kesehatan yang dibayarkan secara mandiri dan yang kepesertaanya bersifat PBI atau menjadi tanggungan negara.

Adapun yang menjadi kategori pelayanan BPJS yang kedua adalah peserta dengan kepesertaan Non PBI atau Mandiri.

Penentuan Iuran ini dihitung berdasarkan kelasa yang dipilih oleh peserta, secara khusus untuk kepesertaan yang satu ini adalah bagi masyarakat yang memiliki penghasilan.

Sedangkan jika kepesertaan yang sifatnya PBI maka seluruh iurannya ditanggung oleh pemerintah melalui dinas sosial.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved