Cara Membedakan Promo Harga Tiket Pesawat yang Resmi dan Palsu

Cara terhindar dari penipunan promo Harga Tiket Pesawat murah bisa disimak dalam artikel berikut ini.

Editor: Rizky Zulham
NET/Google
Ilustrasi tiket pesawat - Cara Membedakan Promo Harga Tiket Pesawat yang Resmi dan Palsu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Cara terhindar dari penipunan promo Harga Tiket Pesawat murah bisa disimak dalam artikel berikut ini.

Melonjaknya Harga Tiket Pesawat beberapa waktu terakhir dijadikan peluang oleh oknum travel agent bodong dalam melancarkan aksi penipuan.

Contohnya saja, seperti yang disampaikan Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno bahwa ada wisatawan Indonesia yang tertipu promo tiket murah all in ke Jepang seharga Rp 5,5 juta menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Ia menambahkan, tak jarang pula terdengar kabar rombongan yang ditinggal pemandu saat sudah tiba di bandara.

Harga Tiket Pesawat Murah dari Citilink Indonesia Lewat Promo BetterDeals 9.9

Tips agar tidak tertipu promo abal-abal tiket pesawat murah

Mengutip Kompas.com, berikut sejumlah tips supaya tidak tertipu promo tiket pesawat murah abal-abal:

1. Jangan mudah tergoda tiket pesawat murah di media sosial President of Association Of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Nunung Rusmiati mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap tawaran tiket-tiket murah yang mencurigakan.

"Jika ada perbedaan harga yang sangat jauh dengan harga yang tercantum di tempat-tempat lain, misal sampai beda 50 persen, itu patut dicurigai," katanya.

Apalagi, sambung Rusmiati, jika tawaran itu berasal dari online travel agent (OTA) yang tidak familiar. Sebagai opsinya, beli di travel agent konvensional dengan lokasi kantor yang jelas.

"Memang OTA positifnya memudahkan konsumen, tapi sekarang ini susah membedakan mana yang benar dan tidak. Gunakan travel agent yang sudah pasti ada kantornya, ada izinnya, legalitasnya jelas," demikian penjelasan Rusmiati.

Ia melanjutkan, travel agent konvensional biasanya sudah tergabung dengan asosiasi perjalanan, sehingga bisa diakomodasi oleh pihak asosiasi agar memberi layanan yang bagus dan tidak melakukan penipuan.

Syarat Baru Naik Pesawat Mulai Senin 12 September 2022 di Aturan Perjalanan Semua Maskapai

2. Cek legalitas perusahaan

Berikutnya, kamu bisa memeriksa legalitas perusahaan, termasuk ijin usaha dan bentuk usahanya.

"Pastikan cek lagi legalitas usahanya, apakah ada nama CV atau PT-nya, terus Nomor Induk Berusaha (NIB) juga kalau memang meragukan, tutur Pauline.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved