Pola Hidup Sehat

Ini Kata Ahli Jika Ingin Mengonsumsi Tempe Bosok, Apakah Ada Manfaatnya?

Manfaat lain dari mengkonsumsi tempe adalah mampu meningkatkan kesehatan tulang, dimana tempe mengandung vitamin K dan vitamin D

TRIBUNPONTIANAK- INSTAGRAM
Manfaat lain dari mengkonsumsi tempe adalah mampu meningkatkan kesehatan tulang, dimana tempe mengandung vitamin K dan vitamin D 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang banyak digemari dan bisa diolah dengan berbagai makanan yang enak dan juga bergizi.

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi tempe yakni tempe kaya akan prebiotik.

Dimana prebiotik sendiri dapat membantu memecah gula dan karbohidrat sehingga mereka lebih mudah dicerna.

Tidak hanya itu saja, juga mampu mengendalikan bakteri berbahaya dalam tubuh, melawan diare, membantu pencernaan, melawan peradangan kronis dan bahkan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Manfaat lain dari mengkonsumsi tempe adalah mampu meningkatkan kesehatan tulang, dimana tempe mengandung vitamin K dan vitamin D sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kepadatan mineral tulang dan mencegah tulang patah dan rapuh.

Guru Besar IPB Jelaskan Manfaat Tempe dan Tahu, Ternyata Olahan Ini yang Lebih Bergizi

Ahli Gizi Laili Rahmawati menjelaskan bahwa tempe bosok merupakan tempe yang mengalami over fermented atau fermentasi lanjutan.

"Tempe bosok ini aman dikonsumsi asal masih kering, tidak dimasuki organisme lain," kata Laili saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon.

Beberapa jenis makanan yang dibuat menggunakan tempe bosok di antaranya mendol, sambal tumpang, dan lodeh.

Selain rasanya yang enak, Ahli Nutrisi Tan Shot Yen mengatakan bahwa tempe bosok juga punya banyak manfaat, seperti mengandung antioksidan yang tinggi.

Sejalan dengan dokter Tan, Laili juga mengatakan bahwa fermentasi lanjutan pada tempe membuat kadar vitamin pada tempe meningkat.

Resep Tempe Goreng Lengkuas Gurih dan Bikin Ketagihan

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved