Petani Daun Kratom di Kapuas Hulu Masih Berharap Harga Jual Tinggal 

Seperti apa yang disampaikan oleh seorang petani daun kratom di Kapuas Hulu, Ujang Amad, dimana dirinya hingga saat ini masih berkebun daun kratom,

Penulis: Sahirul Hakim | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Sahirul Hakim
Daun Kratom di Putussibau yang sudah siap dipanen di belakang rumah milik warga setempat, Kamis 11 Agustus 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Hingga saat Daun Kratom atau daun purik, masih menjadi andalan matapencaharian sejumlah masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu

Seperti apa yang disampaikan oleh seorang petani daun kratom di Kapuas Hulu, Ujang Amad, dimana dirinya hingga saat ini masih berkebun daun kratom, biarpun harganya masih jauh dari harapan, atau tak seperti tahun lalu.

"Sejauh masih ada nilai ekonomi, biarpun murah kita tetap kerjakan kebun daun kratom, untuk kerja sambilan," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Kamis 11 Agustus 2022.

Banjir di Wilayah Kapuas Hulu Sudah Berangsur Surut

Dijelaskan Amad, harga daun kratom berveriasi dari harga 6 ribu hingga belasan ribu, tergantung apakah jualan daun atau masih mentah dan sudah berbentuk remahan.

"Jadi masih ada harga daun kratom, biarpun murah," ucapnya.

Amad menuturkan, kalau dirinya biasa jualan yang remahan harganya belasan ribu (Rp14-15 ribu) perkilogram.

"Biasanya satu Minggu saya mampu jual daun kratom ke pembeli 100 kilogram, masih lumayan untuk memenuhi kebutuhan keluarga," ujarnya.

Apakah masih bisa untuk membiayai anak sekolah hingga ke perkuliahan, Amad menyatakan, kalau hanya mengandalkan jualan daun kratom tidak bisa, kecuali ada kerja lain.

"Kalau dulu ya, harganya tinggi mampu membiayai anak kuliah, dan bisa nabung juga," ucapnya.

Amad juga menjelaskan, kalau dirinya membaca status Instagram gubernur Kalbar, yang terus memperjuangkan nasib petani daun kratom.

"Saya mengapresiasi perjuangan pak gubernur, diharapkan masa pengelolaan daun kratom bisa panjang selamanya, tak jadi dilarang," ungkapnya.

Petani Daun Kratom lainnya, Bambang, saat ini harga jual daun kratom di Kapuas Hulu sangat murah kalau di bandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Sekarang hanya tembus belasan ribu saja (remahan) kalau hanya daun saja hanya 4 ribu sampai 5 ribu perkilogram," ujarnya.

Bambang menuturkan, kalau sekarang dirinya tidak terlalu semangat lagi menanam daun kratom, karena harga tak sesuai dengan harapan dan modal ketika menanam daun kratom.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved