Ketua KPID Kalbar Ajak Media Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2022

"Sebagai contoh beberapa media televisi yang terafiliasi baik secara langsung maupun tidak langsung dengan partai tertentu

Penulis: Muhammad Firdaus | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FIRDAUS
Iwan Setiawan ketua KPID Kalbar ketika menyampaikan tanggapannya dalam kegiatan media gathering Bawaslu Kalbar, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu, 27 Juli 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menjelang pemilihan umum 2024 ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Kalbar, Iwan Setiawan meminta kepada awak media untuk menjaga netralitas.

Hal ini ia sampaikan kepada para perwakilan awak media yang hadir pada kegiatan Media Gathering yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kalbar, Rabu 27 Juli 2022 sore.

"Berdasarkan pasal 36 ayat 4 UU Penyiaran mengatakan bahwa isi siaran wajib dijaga netralitasnya dan tidak boleh mengutamakan golongan tertentu," ucap Iwan.

Menurutnya hal ini dirasa perlu dilakukan mengingat peran media yang sangat penting dalam memberikan edukasi masyarakat untuk menjaga kestabilan dan kualitas pemilu.

"Sebagai contoh beberapa media televisi yang terafiliasi baik secara langsung maupun tidak langsung dengan partai tertentu," ucapnya.

Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024 ke KPU Dimulai Jumat 29 Juli 2022, Berikut Tahapannya !

Muhammad Habibi , Dosen sekaligus Kaprodi Konsentrasi Penyiaran Islam (KPI) IAIN Pontianak turut menyampaikan pandangannya sebagai pemateri.

Ia mengatakan untuk mencapai pemilu yang bermartabat adalah dengan memperketat pengawasannya yang salah satunya adalah melalui media.

"Harapan dari pemilu ini berjalan dengan bermartabat maka memperketat pengawasan adalah solusi, salah satunya melalui media," ucap Habibi.

Oleh karenanya media diminta untuk menjaga netralitasnya dalam memberikan informasi, sehingga bisa menjadi edukasi untuk masyarakat dalam meningkatkan kualitas pemilu.

"Netralitas media dirasa penting sebab pengawasan pemilu bukan hanya menjadi tugas penyelenggara melainkan juga membutuhkan peran dari media untuk menyajikan informasi yang cukup dan berkualitas," tutup Habibi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved