dr. Eka Ardiani Putri : Lingkungan Sehat Terdiri dari Komponen Abiotik dan Biotik Yang Baik

Untuk diketahui, bahwa komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/dr. Eka Ardiani Putri, MARS
dr. Eka Ardiani Putri, MARS 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - dr. Eka Ardiani Putri, MARS selaku dokter & dosen Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura sekaligus Kepala Laboratorium Osce Universitas Tanjungpura, Departement 

Public Health Universitas Tanjungpura dan juga sebagai Peneliti Bidang Kesehatan Masyarakat menjelaskan tentang lingkungan hidup yang sehat.

Mulanya ia menjelaskan terkait dengan definisi Lingkungan Sehat.

Pasalnya kata dia, lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. 

Waspada Penularan Difteri, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Lingkungan lanjut dia, terdiri dari komponen abiotik dan biotik. 

Untuk diketahui, bahwa komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. 

Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).

"Sehat adalah merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit tetapi juga meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi social dan spiritual. Perwujudan individu yang diperoleh melalui melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain. Perilaku yang sesuai dengan tujuan perawatan diri yang kompeten sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan intregitas struktural," jelasnya.

"Jadi bisa disimpulkan, bahwa pengertian Lingkungan sehat adalah lingkungan yang terhindar dari hal-hal yang menyebabkan gangguan terhadap kesehatan masyarakat atau anak-anak. Menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting karena dengan menjaga kebersihan lingkungan dapat menjamin anggota keluarga hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit dengan demikian maka lingkungan itulah yang disebut lingkungan sehat," lanjut dr. Eka menjelaskan.

Berikut penuturan lengkap dr. Eka Ardiani Putri, MARS:

Ciri-ciri Lingkungan Sehat

Udara yang segar yang tidak mengandung polusi, untuk menciptakan lingkungan yang sehat tidak sulit yaitu dimulai dari hal-hal kecil yang terkadang sering di lupakan oleh banyak orang.

contohnya membuang sampah sekecil apapun pada tempat yang di sediakan. Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih dan terbebas dari kontaminasi kotoran dari lingkungan sekitar. 

Apabila lingkungan kotor masih terus di biarkan, maka sejumlah penyakit akan menjadi ancaman bagi masyarakat. Seperti penyakit DBD, malaria, TBC, hingga penyakit kulit alergi yang di sebabkan lingkungan kotor.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved