Yayasan Palung dan Kelompok Mina Sehati Gotong Royong Buat Kolam Ikan untuk Budidaya

Kegiatan Gotong royong dilanjutkan kembali dengan menyelesaikan pekerjaan pertama yang belum selesai.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Jamadin
Dok. Yayasan Palung
Kelompok Mina Sehati bersama seluruh anggota dan Tim Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung telah membuat kolam ikan untuk budidaya, di Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Rabu 8 Juni 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Kelompok Mina Sehati yang baru saja dibentuk di Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara bersama seluruh anggota dan Tim Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung (YP) Gotong royong telah membuat Kolam Ikan.

Mengenai hal tersebut, Asisten Field Officer Program SL Yayasan Palung, Salmah menerangkan gotong-royong yang dilakukan pada hari pertama antara lain seperti membelah bambu akan digunakan untuk melapisi terpal yang akan dijadikan kolam ikan agar tidak menggelembung dan lebih kokoh apabila telah diisi air. 

Lebih lanjut, Gotong royong ini berbagi peran ada yang membelah bambu, membersihkan lahan untuk letak lokasi kolam dan ada juga yang akan memasang tiang dari bambu untuk pembuatan kolam tersebut.

“Kegiatan Gotong royong dilanjutkan kembali dengan menyelesaikan pekerjaan pertama yang belum selesai. Setelah semua bahan bambu yang dibelah telah siap dan tiang juga sudah terpasang, maka dilanjutkan dengan memasang bambu yang dibelah tersebut pada pinggiran tiang untuk penyangga terpal. Pemasangan ini sangat memakan waktu,” ujarnya.

Yayasan Palung dan Relawan Sebarkan Pesan Menjaga dan Peduli Bumi

Setelah semua selesai dipasang, maka jadilah tiga buah kolam dengan ukuran 2 kali 4 meter untuk satu kolam dan dua kolam ukuran 4 kali 6 meter. Tiga buah kolam ikan tersebut telah diisi dengan ikan nila.

Diketahui, Kelompok Mina Sehati merupakan kelompok dampingan tim Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan) Yayasan Palung

Kelompok Mina Sehati dibentuk pada Maret tahun 2022, dengan fokus kelompok ini adalah budidaya ikan di wilayah kawasan Taman Nasional Gunung Palung, Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved