PLN UIP KLB Bantu UMKM Raih Sertifikat Halal

Proses sertifikasi halal yang dilakukan memerlukan tahapan cukup panjang dan memakan waktu,mulai dari pendaftaran berkas, pemeriksaan dokumen.

Editor: Nina Soraya
Dok/PLN Kalbar
Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP KLB Faruq Suyuthi menyerahkan sertifikat halal kepada pemilik usaha UMKM Berkah Rangga Sri Wahyuni di halaman kantor PLN UIP KLB pada Jumat, 22 April 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pembinaan UMKM untuk naik kelas merupakan salah satu program prioritas PLN yang disalurkan melalui dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Di pertengahan tahun 2021 lalu, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) memberikan bantuan kepada beberapa UMKM di Kalimantan Barat.

Satu di antaranya kepada Berkah Rangga, UMKM yang memproduksi berbagai makanan ringan.

Tidak hanya memperoleh bantuan mesin produksi untuk meningkatkan kapasitas produksinya, Berkah Rangga juga berkesempatan untuk memperoleh bantuan proses sertifikasi halal untuk 15 jenis produk yang dihasilkan, seperti keripik pisang dengan berbagai rasa, keripik singkong, stik bawang, ulat sutra, telur gabus, dan lain sebagainya.

Sertifikat halal diserahkan secara langsung oleh Faruq Suyuthi, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP KLB kepada pemilik usaha UMKM Berkah Rangga Sri Wahyuni di halaman kantor PLN UIP KLB 22 April 2022. 

Info Pencairan Banpres UMKM 2022 Login efrom.bri/bpum dan BNI Mekar Klik Banpresbpum.id

“Semoga bantuan yang telah kami berikan dapat membantu memperluas pasar produk dan meningkatkan pendapatan UMKM yang merupakan garda depan perekonomian di Indonesia,” tutur Faruq.

Proses sertifikasi halal yang dilakukan memerlukan tahapan yang cukup panjang dan memakan waktu lama.

Mulai dari pendaftaran berkas, pemeriksaan dokumen oleh lembaga terkait, pemeriksaan dan pengujian produk, penetapan halal melalui sidang fatwa halal oleh MUI kala itu, serta yang terakhir ialah penerbitan sertifikat halal tersebut.

Yuni, sapaan pemilik UMKM Berkah Rangga mengucapkan terima kasih banyak kepada PLN yang telah membantu usahnya untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kini juga berhasil menerima sertifikat halal.

“Alhamdulillah saat ini sudah terbit sertifikat halal yang sudah kami nantikan.

Sertifikat halal ini meningkatkan kepercayaan diri saya untuk terus menjaga kualitas produk dengan baik,” ujarnya.

Di bulan Ramadan ini, Yuni mengungkapkan dirinya mengikuti berbagai bazar Ramadan yang diadakan di beberapa lokasi di Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak.

Support UMKM melalui TPAKD, Kepala OJK Kalbar Puji Kopi Pontianak

“Syukur alhamdulillah produk kami cukup diminati oleh masyarakat. Produk peyek, telur gabus, ulat sutera, dan stik keju menjadi primadona yang banyak dicari di bulan Ramadan ini.

Di bazar yang kami ikuti di Bandara Supadio, produk-produk tersebut juga terjual laris,” ucap Yuni.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved