Resmi Dilantik Hari Ini, Purwanto Kembali Jabat Rektor UPB Pontianak

Upacara Pelantikan Rektor Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak periode 2022-2026 Dr. Purwanto, SH., M.Hum., FCBArb., FIIArb.....

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Mirna Tribun
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD ROKIB
Upacara Pelantikan Rektor Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak periode 2022-2026 Dr. Purwanto, SH., M.Hum., FCBArb., FIIArb, di Gedung Convention Centre UPB Pontianak, Jalan Komyos Sudarso Pontianak Barat Kota Pontianak Kalimantan Barat pada Senin 18 April 2022. 

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Upacara Pelantikan Rektor Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak periode 2022-2026 Dr. Purwanto, SH., M.Hum., FCBArb., FIIArb, di Gedung Convention Centre UPB Pontianak, Jalan Komyos Sudarso Pontianak Barat Kota Pontianak Kalimantan Barat pada Senin 18 April 2022 berjalan dengan lancar.

Dr. Purwanto dilantik sebagai Rektor UPB Pontianak oleh Ketua Pengurus Yayasan Panca Bhakti, Prof. Dr. H. Garuda Wiko, S.H., M.Si., FCBArb dan dihadiri oleh para pimpinan UPB Pontianak, para dosen, mahasiswa dan Forkompinda Kalimantan Barat.

Jabatan ini merupakan kedua periodenya bagi Dr. Purwanto sebagai Rektor UPB Pontianak.

Usai dilantik, Dr. Purwanto menyampaikan, bahwa pada masa kepemimpinan kedua periodenya sebagai rektor ini, pihaknya akan memaksimalkan tahapan pembangunan yang saat ini sudah berjalan sehingga bisa meningkatkan kualitas kampus UPB Pontianak.

"Tentunya kita akan memaksimalkan tahapan pembangunan yang sudah kita lakukan, baik itu penekanan pada sarana dan prasarana (sarpras) maupun SDM kita, jadi basisnya kepada kultur mutu dan pengelementasian kepada kampus merdeka," ujarnya.

Pertama di Kalbar, UPB Pontianak Hadirkan Prodi Fisioterapi Strata 1

Pelantikan Rektor Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak periode 2022-2026 Dr. Purwanto, SH., M.Hum., FCBArb., FIIArb, di Gedung Convention Centre UPB Pontianak, Jalan Komyos Sudarso Pontianak Barat Kota Pontianak Kalimantan Barat, Senin 18 April 2022.
Pelantikan Rektor Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak periode 2022-2026 Dr. Purwanto, SH., M.Hum., FCBArb., FIIArb, di Gedung Convention Centre UPB Pontianak, Jalan Komyos Sudarso Pontianak Barat Kota Pontianak Kalimantan Barat, Senin 18 April 2022. (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD ROKIB)

Maka dengan dukungan dari seluruh unsur di UPB Pontianak, pihaknya akan melaksanakan implementasi kampus merdeka yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

"Mudah-mudahan bisa kita lakukan secara lebih optimal," ucapnya.

Kemudian terkait dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan UPB Pontianak juga menjadi atensi pada periode masa kepemimpinannya ini.

Dalam peningkatan SDM ini akan dilakukan kepada mahasiswa dan juga termasuk kepada para dosen.

Bahkan pihaknya akan memacu para dosen untuk melanjutkan kepada studi doktoral sehingga bisa meningkatkan proses belajar mengajar kedepannya.

Secara progresif di periode pertama kemarin, pihaknya kurang lebih teleh merekrut 40 dosen baru yang sebagian merupakan dosen berasal dari kampus-kampus yang cukup terkenal sehingga ini akan berdampak pada peningkatan akademis di UPB Pontianak lebih baik lagi.

Sedangkan untuk, SDM kemahasiswaan, Dr. Purwanto bersyukur, karena kampus UPB Pontianak sudah ada peningkatan akreditasi, seperti misalnya Prodi hukum dan prodi lainnya. "Maka secara bertahap kita lakukan proses penjaringan rekrutmen ikut serta dalam standar kompetensi yang sudah ditentukan dengan kriteria," katanya.

Bahkan tidak hanya itu, Kampus UPB Pontianak juga akan responsif terkait dengan G20 maupun dengan tuntutan-tuntutan global untuk mengimbangi perkembangan era digitalisasi.

UPB Pontianak Bangun Sistem Manajemen Modern pada Komunitas Wirausaha Tani Muda Kota Pontianak

"Kemudian pihaknya kita juga akan memaksimalkan jejaring kita, karena kedepan seperti yang kita katakan, bahwa dunia kampus harus dekat, bersinergi dan berkolaborasi dengan dunia industri atau dunia usaha. Untuk itu, kami juga sudah mendesain kurikulum untuk hal tersebut sehingga tinggal pengimplementasiannya saja," jelasnya.

Kemudian yang menjadi suatu hadiah terindah pada periode kedua Dr. Purwanto sebagai Rektor UPB Pontianak ini adalah dengan hadirnya prodi baru yaitu Fisioterapi yang saat ini sudah mendapatkan izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Prodi Fisioterapi Strata 1 (S1) ini merupakan pertama kalinya di wilayah Kalimantan Barat ada di UPB Pontianak.

Dalam pengimplementasiannya, UPB Pontianak sudah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, SDM dan juga kualifikasi yang sangat baik sehingga tahun 2022 ini Prodi Fisioterapi di UPB Pontianak sudah mulai dibuka.

"Ini mensuport dengan kebutuhan peningkatan kesehatan. Karena Prodi Fisioterapi ini merupakan embrio kedepan untuk membuka program-program kesehatan yang linier dibawah Fakultas Ilmu Kesehatan UPB Pontianak," tukasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved