Festival Meriam Karbit Direncanakan Tahun 2023 Akan Diadakan

Kemungkinan, jika kasus covid-19 terus melandai, sehingga festival Meriam Karbit direncanakan pada tahun 2023 mendatang bisa dilaksanakan.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
foto saat warga membunyikan meriah karbit di tepian sungai Kapuas Pontianak Kalimantan Barat tahun lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Zulkifli menyampaikan, bahwa festival Meriam Karbit tahun 2022 ini ditiadakan.

Keputusan yang diambil oleh pemerintah Kota Pontianak tersebut, dikatakannya, lantaran untuk mencegah penyebaran covid-19.

"Untuk festival Meriam Karbit tahun ini ditiadakan. Alasan utamanya untuk mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya, Sabtu 16 April 2022.

Meskipun demikian, ia menerangkan, bahwa masyarakat yang ingin memainkan meriam karbit masih diperbolehkan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Festival Meriam Karbit di Pontianak Ditiadakan, Wako Edi : Masyarakat Ingin Memainkan Diperbolehkan

"Kalau masyarakat yang ingin main silahkan, tetapi pemerintah tidak memfasilitasi untuk festival," terangnya.

Kemungkinan, jika kasus covid-19 terus melandai, sehingga festival Meriam Karbit direncanakan pada tahun 2023 mendatang bisa dilaksanakan.

Untuk itu, pihaknya berharap agar pandemi covid-19 di Kota Pontianak terus melandai.

"Semoga Covid-19 segera berlalu sehingga tahun depan bisa melaksanakan Festival Meriam Karbit. Karena memang rencananya ada, terapi tetap memperhatikan perkembangan penyebaran Covid-19," tukasnya.

Pasalnya, permainan meriam karbit ini merupakan suatu budaya yang sudah menjadi turun temurun sejak dulu di kota Pontianak, terkhusus bagi warga di pesisir tepian sungai Kapuas Pontianak Kalimantan Barat. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved