Polres Sambas  Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas 

Polres Sambas menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Bina Karuna Kapuas Tahun 2022 di Mapolres Sambas

Penulis: Imam Maksum | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Humas Polres Sambas
Kapolres Sambas AKBP Laba Meliala, S.I.K saat memimpin apel, Selasa 8 Maret 2022. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Polres Sambas menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Bina Karuna Kapuas Tahun 2022 di Mapolres Sambas, Desa Lorong, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Selasa 8 Maret 2022.

Hadir dalam Apel Gelar pasukan tersebut Kapolres Sambas AKBP. Laba Meliala, S.I.K, selaku Pemimpin Apel, Bupati Sambas diwakili Assisten I beserta Unsur Forkopimda Kabupaten Sambas, SKPD Pemda Sambas, dan stakeholder lainnya.

Kapolres Sambas AKBP. Laba Meliala mengatakan bahwa Operasi Bina Karuna Kapuas 2022 merupakan operasi kewilayahan.
Kalimantan Barat termasuk salah satu provinsi yang rawan kebakaran hutan, kebun dan lahan.

Ichwan Effendi Berikan Kesan Pisah Sambut Kejari Sambas

“Dimana faktor pemicunya adalah dengan cara dibakar dan tidak terkendali sehingga membakar lahan gambut lainnya, pada tahun 2022 ini selama bulan Januari sampai dengan Maret 2022 telah terjadi 60 kasus kebakaran hutan dan lahan disejumlah daerah di Kalbar,” jelasnya dalam rilis yang diterima Tribun Pontianak, Selasa 8 Maret 2022.

AKBP Laba Meliala mengatakan kebakaran hutan, kebun dan lahan di areal yang luas dapat menimbulkan dampak yang besar dengan munculnya kabut asap yang dapat merusak saraf otak, Menghambat kecerdasan dan pertumbuhan anak, mengganggu aktivitas belajar anak. Menimbulkan infeksi saluran nafas, menghambat transfortasi dan pertumbuhan ekonomi.

Dia menjelaskan upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dapat dilakukan dengan upaya preventif berupa himbauan dan sosialisasi.

Preventif dengan mendatangi TKP dan melakukan pemadaman bersama-sama. Penegakan hukum hendaknya menjadi upaya terakhir yang kita lakukan.

“Kepada anggota yang terlibat Operasi Bina Karuna 2022 agar melaksanakan operasi tersebut dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab serta dapat bekerjasama dengan komponen lainnya sehingga tujuan operasi dapat tercapai dengan tidak adanya asap di Kalimantan Barat,” katanya. (*)

[Update Informasi Seputar Kabupaten Sambas]

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved