Breaking News:

Hidup Sehat dengan Makanan Sehat

Ia mengungkapkan, bahwa kita bisa memulai menjaga kesehatan dari cara kita mengkonsumsi makanan setiap hari, sebelum menjabarkan tentang makanan sehat

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
dr. Eka Aardiani Putri, MARS selaku Dokter dan Dosen Fakultas kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - dr. Eka Aardiani Putri, MARS selaku Dokter dan Dosen Fakultas kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak menyampaikan sekaligus memberikan tips untuk hidup sehat degan makanan yang sehat.

Menurutnya, sudah saatnya kita sadar akan pentingnya kesehatan, terutama pada masa new normal seperti sekarang ini. drm Eka Aardiani Putri menjelaskan, bahwa menjaga kesehatan lebih penting sebelum sulitnya menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Ia mengungkapkan, bahwa kita bisa memulai menjaga kesehatan dari cara kita mengkonsumsi makanan setiap hari, sebelum menjabarkan tentang makanan sehat tentunya kita harus mengetahui berat badan kita pada golongon mana, apakah kurus, normal, ideal, gemuk atau obesitas.

Maka beri jadwal khusus untuk menimbang berat badan, tidak hanya bayi dan balita saja yang harus ditimbang setiap bulan, pada usia dewasa dan manula juga wajib mengetahui berat badan setiap bulannya secara teratur, supaya mengetahui kenaikan berat badan, penurunan atau kestabilan berat badan kita, dan mengetahui timbangan badan adalah sebagai deteksi dini untuk beberapa jenis penyakit.

Selain mengukur berat badan, pada usia dewasa juga bisa mengukur lingkar pinggang dengan meteran, ideal dan normalnya lingkar pinggang wanita 80cm dan pria 90cm, bila lingkar pinggang lebih dari nilai tersebut bisa dipastikan berat bedan diatas normal, karna ada penumpukan lemak dan menggemuknya tubuh disekitar perut (abdomen).

Bahaya Terlalu Sering Berubah Jam Tidur, Bisa Picu Banyak Masalah Kesehatan

Setelah mengetahui berat badan kita bisa mulai memilih makanan yang layak di konsumsi, tentunya makanan sehat dan dengan gizi seimbang.

Lalu apa saja yang harus di konsumsi setiap hari?

Yang terpenting adalah air mineral, cairan yang sangat penting untuk tubuh setiap hari, usahakan mengkonsumsi air mineral lebih sering dan dalam jumlah cukup untuk kita dengan beraktifitas outdoor dan indoor, apalagi dalam ruangan yang menggunakan AC.

Kemudian buah-buahan, mulai ganti cemilan tidak sehat dengan buah-buah murah meriah dan bergizi, tidak ada salahnya menyimpan potongan timun, nanas, wortel, bengkoang atau buah pisang di dalam tas sebagai cemilan sehat, murah meriah tentunya dan bergizi dari sepotong cheese cake, tiramisu atau brownies.

Tidak lupa sayuran yang wajib ada di setiap menu makanan kita, atau bisa juga di buat lalapan segar, salad dan gado-gado, bebas dengan berbagai macam pilihan variasi makanan sesuai selera, karena dengan mengkonsumsi sayuran, akan membuat pencernaan kita menjadi sehat, BAB (buang air besar) lancar dan mengurangi penyakit kanker pada usus.

Kemudian, lauk-pauk, bisa dengan tempe tahu, daging, dan berbagai macam olahannya, telur juga termasuk dalam makanan sehat, bisa dikonsumsi sebagai lauk dan untuk yang sedang diet penurunan berat badan boleh mengkonsumsi telur rebus saja, karena selain tinggi protein, telur juga mengandung nutrisi lengkap mulai dari vitamin mineral, lemak tidak jenuh dan anti oksidan.

Kacang-kacangan, asalkan tidak berlebihan, dan tidak menderita penyakit alergi atau penyakit lain, kacang-kacangan dapat dikonsumsi rutin karena dapat menurunkan berat badan dan juga menjaga kesehatan jantung.

Susu dan olahannya, yogurt, keju, es krim dan masih banyak lagi olahan susu, yang dapat dikonsumsi segala jenis usia, susu adalah pelengkap dari makanan sehat yang dapat kita konsumsi, dan disarankan untuk mengkonsumsi susu serta olahan nya secara rutin, bagi yang insomnia atau sulit tidur, bisa mengkonsumsi susu sebelum tidur, karena susu mengandung triftofan berupa asam amino yang bisa menenangkan. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved