Breaking News:

Akan Ada Pabrik dan Laboratorium Albumin, Kartiyus Ajak Masyarakat Sintang Budidaya Ikan Gabus

Menurutnya, PT. Agrapana Damayanti Indobiotek sudah bertemu dengan Jemelak Lestari, Bappeda dan Tim Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan.

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/Agus Pujianto
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang, Kartiyus. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kepala Bappeda Kabupaten Sintang, Kartiyus mengungkapkan PT. Agrapana Damayanti Indobiotek akan segera membangun tempat produksi pengolahan ikan gabus untuk dijadikan albumin.

Rencananya, pabrik pengolahan Albumin dibangun di Kelurahan Akcaya, Kecamatan Sintang, Kalimantan Barat.

"Untuk laboratorium, mereka akan pinjam ruko milik pemda dulu," kata Kartiyus belum lama ini.

Menurut Kartiyus, untuk uji coba nanti dibutuhkan sekitar sekitar 1,5 ton ikan gabus.

Seorang Pria Meninggal Tertabrak Mobil Pick Up di Tikungan Jalan Sintang-Ketungau

"Setelah itu baru produksi. Albumin yang dihasilkan sangat bagus, saya sudah mencobanya dan bermanfaat bagi kebugaran tubuh dengan beraneka macam rasa. Amis ikannya sudah tidak ada lagi," katanya.

Kedepan, pabrik dan laboratorium tersebut akan diperuntukan untuk mengembangkan potensi komoditas berbasis konservasi alam untuk membuat produk turunan bernilai jual dari ikan gabus menjadi Albumin.

Albumin ikan gabus kaya akan gizi dan protein, baik digunakan untuk proses penyembuhan luka ataupun pasca operasi.

“Bagi warga Sintang yang mau pelihara ikan gabus dan toman, silakan pelihara, nanti akan ada yang belinya. Berat ikan gabus dan toman yang diperlukan itu, satu ekornya 500 sampai 700 ons yang kandungan proteinnya sangat bagus. Kalau ikan diatas 1 kg, proteinnya sudah berkurang," ungkap Kartiyus.

Menurut Kartiyus, produk Albumin sangat dibutuhkan. Bahkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, sudah menyatakan memerlukan albumin untuk keperluan pemulihan pasien yang baru menjalankan operasi.

“PT. Agrapana Damayanti Indobiotek dalam memproduksi albumin ini akan bekerjasama dengan Lingkar Temu Kabupaten Lestari, Sintang Freshwater Care, dan Jemelak Lestari," kata Kartiyus.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved