Breaking News:

Daftar Vaksin Booster yang Mendapat Izin BPOM ! Ada 5 Vaksin Covid Nih, Apa Saja ?

Cek daftar 5 jenis vaksin Covid-19 booster atau lanjutan yang telah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pixabay/SpencerBdavis1
Ilustrasi vaksin Covid-19. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Cek daftar 5 jenis vaksin Covid-19 booster atau lanjutan yang telah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Informasi tersebut disampaikan Kepala BPOM Penny Lukito melalui konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Badan POM RI, Senin 10 Januari 2021.

"Sampai dengan saat ini, kami melaporkan ada 5 vaksin yang telah mendapatkan use authorization dan telah melalui proses evaluasi bersama tim ahli Komite Nasional Penilai Obat atau Vaksin dan telah mendapatkan rekomendasi memenuhi persyaratan yang ada, sehingga bisa dilanjutkan dengan proses pemberian emergency use authorization (EUA)," kata Penny.

(Update berita nasional, internasional dan regional menarik lainnya disini)

Ada pun kelima vaksin yang dimaksud meliputi:

  1. Coronavax Covid-19 BioFarma (homolog)
  2. Pfizer (homolog)
  3. AstraZeneca (homolog)
  4. Moderna (homolog dan heterolog)
  5. Zivivax (heterolog)

Resmi jadi Vaksinasi Booster Dosis Ketiga Sesuai Izin BPOM, Kenali Efek Semua Jenis Vaksin Covid-19

Skema pemberian vaksin

Booster homolog, artinya hanya dapat diberikan kepada irang yang sebelumnya mendapatkan vaksin primer (dosis pertama dan kedua) dari jenis vaksin yang sama.

Misalnya, jika sebelumnya mendapatkan vaksin Pfizer maka di vaksinasi lanjutan mereka juga harus diberi vaksin Pfizerz tidak bisa yang lain.

Namun, itu pun ada aturan atau batasannya.

Untuk vaksin Moderna, jika akan digunakan sebagai booster heterolog, vaksin primernya harus berupa AstraZeneca, Pfizer, dan Jhonson & Jhonson.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved