Pola Hidup Sehat

Wanita Harus Waspada, Gejala Kanker Usus Besar Mirip Nyeri Haid !

Kanker usus besar menjadi penyebab kematian paling umum kedua terkait kanker pada wanita, setelah kanker payudara. Gejala kanker usus besar pada....

Editor: Mirna Tribun
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/YOUTUBE
Gejala Kanker Usus Besar Mirip Nyeri Haid. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Meski risiko terkena kanker usus besar sedikit lebih rendah dibanding pria, wanita tetap harus mewaspadai penyakit ini karena mematikan.

American Cancer Society mencatat di Amerika Serikat (AS), kanker usus besar menjadi penyebab kematian paling umum kedua terkait kanker pada wanita, setelah kanker payudara.

Sayangnya, gejala kanker usus besar pada wanita bisa lebih tersamarkan dibanding pada pria.

Hal itu dipengaruhi oleh adanya siklus menstruasi yang dapat menimbulkan kondisi mirip dengan gejala awal kanker usus besar.

Melansir Health Line, beberapa gejala kanker usus besar mungkin mudah disalahartikan sebagai gejala yang berkaitan dengan siklus haid wanita.

Lindungi Tubuh dari Sel Kanker, Ini 3 Manfaat Luar Biasa Bengkoang untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kondisi ini pun dapat atau mungkin telah sering menimbulkan keterlambatan dalam mendeteksi dini gejala kanker usus besar.

Padahal, kunci utama keberhasilan penanganan kanker usus besar adalah ditemukannya kanker dalam stadium dini karena tumor jinak dapat diangkat dengan mudah.

Oleh sebab itu, para wanita akan lebih baik jika mewaspadai beberapa kondisi yang dapat dicurigai sebagai gejala kanker usus.

Pada wanita, kram perut yang terkait dengan kanker usus besar mungkin juga bisa disalahartikan sebagai kram menstruasi.

Untuk membedakannya, sakit perut pada kasus kanker usus besar biasanya berlangsung terus-menerus dengan nyeri yang lebih intens dibanding kram menstruasi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved