Breaking News:

Sakit Kepala vs Pusing, Kembar Tapi Beda, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Mengutip dari KBBI bahwa Pusing ialah terdapat sensasi yang berputar seperti saat berdiri tiba-tiba pusing atau yang disebut vertigo

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
Foto saat podcast di studio Tribun Pontianak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tribun Pontianak melalui program Tribun Pontianak Official Podcast (Tripon Cast) terus menyajikan informasi menarik dan penting untuk disimak.

Satu diantaranya adalah tentang kesehatan yang bertema 'Sakit Kepala vs Pusing', kalimat ini memang tidak asing bagi kita.

Namun siapa sangka kedua kata tersebut memiliki pengertian yang berbeda, bahkan keduanya bisa dikatakan 'Kembar tapi Beda'

Pada podcast Jumat 7 Januari 2022 kemarin menghadirkan dua dokter muda yaitu dr. Zulfa Khairunnisa Ishan dan Dokter Muda Pontianak Eric Herrianto Dwiputra SKed yang dipandu oleh Rizki Fadriani.

PCNU Kota Pontianak Turut Bangga dan Bersyukur Terhadap Suksesnya Muktamar ke-34 NU

Dokter Muda Pontianak Eric Herrianto Dwiputra SKed menyampaikan, bahwa antara sakit kepala dengan pusing ini memiliki definisi yang berbeda.

Mengutip dari KBBI bahwa Pusing ialah terdapat sensasi yang berputar seperti saat berdiri tiba-tiba pusing atau yang disebut vertigo, sedangkan sakit kepala terdapat rasa nyeri.

Ada beberapa penyebab terjadinya vertigo bisa saja dikarenakan mabuk maupun psikologis. Sedangkan untuk sakit kepala bisa disebabkan oleh riwayat trauma, penyakit sistemik maupun struk dan lainnya.

Dokter Eric menjelaskan, bahwa vertigo atau pusing ini lebih kepada gangguan organ keseimbangan yang bisa mempengaruhi pusing keseluruhan.

Sedangkan untuk sakit Kepala terdapat tiga ciri-ciri, diantaranya sakit kepala tegang, migran dan klaster.

"Intinya yang membedakan ialah lebih kepada bahwa pusing lebih kepada arah berputar. Sedangkan sakit kepala lebih kepada arah nyeri," ujarnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved