Breaking News:

Pontianak Siap Suntik Vaksin Booster untuk Tingkatkan Antibodi, Edi Kamtono Harap Gratis untuk Warga

Jadi ada lima kabupaten/kota yang vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah mencapai 70 persen

Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ YOUTUBE
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, menegaskan siap melaksanaan vaksinasi booster atau suntikan ketiga. Namun, ia menyatakan, tentu hal itu akan menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.

"Kalau vaksin booster kita masih menunggu arahan dari Pemprov Kalbar dan Pemerintah Pusat. Namun pada intinya kita siap saja, tidak ada masalah," ujarnya, Selasa 4 Januari 2021.

Namun demikian, Edi menerangkan, untuk vaksin booster khusus bagi tenaga kesehatan, TNI/Polri di Kota Pontianak sudah dilaksanakan. Selanjutnya Edi berharap agar vaksinasi booster nantinya bisa gratis bagi masyarakat.  "Kita harapkan vaksin booster ini gratis untuk masyarakat," katanya.

Untuk saat ini pihaknya masih terus menargetkan vaksinasi untuk lansia lantaran capaian vaksinasi lansia masih 51 persen. "Kita terus menargetkan masyarakat lanjut usia atau lansia sampai bisa mencapai 60 persen," jelasnya.

Menurut Edi, jika vaksinasi lansia sudah mencapai 60 persen, pihaknya juga baru bisa diizinkan untuk vaksin usia 6-11 tahun. "Kita menyasar vaksinasi lansia secara door to door mendatangi rumah ke rumah," ungkapnya.

Suntik Booster Covid-19 Akan Dimulai 12 Januari 2022, Berikut Penjelasan dr Andriani

Ada pun yang menjadi kendala masih belum mencapai 60 persen vaksin lansia, lantaran lansia umumnya selain komorbid ada juga tekanan darah tinggi. Kondisi ini lah sehingga tidak semua lansia bisa langsung divaksin.

"Tapi ada juga nilai positifnya vaksinasi secara door to door ini, karena kita bisa mendapatkan informasi tentang warga yang sakit lain. Sehingga kita bisa mendapatkan informasi tentang kesehatan masyarakat juga," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalbar, Harisson menyampaikan untuk vaksinasi Covid-19 booster hingga saat ini masih belum ada petunjuk dari Kementerian Kesehatan, dan masih menunggu arahan lebih lanjut. “Namun yang jelas tugas Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar saat ini terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 untuk mencapai herd immunity,” ujar Harisson.

Ia mengatakan, sebanyak 80 persen warga di Provinsi Kalbar sudah harus mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sejauh ini untuk daerah yang sudah mencapai vaksinasi Covid-19 dosis pertama 70 persen yakni Kota Pontianak 83,00 persen, Kota Singkawang 73,41 persen, Kabupaten Sekadau 73,90 persen, Kabupaten Sintang 71,17 persen, dan Kabupaten Kapuas Hulu 73,91 persen.

“Jadi ada lima kabupaten/kota yang vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah mencapai 70 persen,” ujarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved