Breaking News:

Pola Hidup Sehat

Kunyit Putih Bisa Mengobati Penyakit Apa Saja ? Ini 7 Khasiat Ajaib Kunyit Putih untuk Kesehatan

Temu putih (Curcuma zedoaria (Christm.) Roscoe syn. Curcuma pallida Lour. (Heyne)) adalah salah satu spesies dari famili Zingiberaceae...

Penulis: Mirna Tribun | Editor: Mirna Tribun
TOKOPEDIA
7 Khasiat Ajaib Kunyit Putih. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Temu putih (Curcuma zedoaria (Christm.) Roscoe syn. Curcuma pallida Lour. (Heyne)) adalah salah satu spesies dari famili Zingiberaceae yang telah dikomersilkan penggunaan rhizomanya sebagai tanaman obat dan empon-empon.

Temu putih atau kunyit putih disebut pula sebagai temu kuning.

Produk alaminya banyak digunakan dalam industri parfum, pewarna untuk industri pangan, dan sebagai obat atau campuran obat.

Khasiatnya bermacam-macam, tetapi biasanya terkait dengan pencernaan.

Lebih lengkap, rimpangnya dipakai sebagai obat kudis, radang kulit, pencuci darah, perut kembung, dan gangguan lain pada saluran pencernaan serta sebagai obat pembersih dan penguat (tonik) sesudah nifas.

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dalam 5 Menit Tanpa Obat, Hanya Pijat di Bagian Tubuh Ini

Penelitian menunjukkan bahwa temu putih juga memiliki aktivitas antitumor, hepatoprotektif, anti-peradangan, dan analgesik.

Rimpang mengandung zat warna kuning kurkumin (diarilheptanoid).

Komponen minyak atsiri dari rimpangnya terdiri dari turunan Guaian (kurkumol, kurkumenol, Isokurkumenol, Prokurkumenol, Kurkurnadiol), turunan Germakran (Kurdion, Dehidrokurdion), seskuiterpena furanoid dengan kerangka eudesman (Kurkolon).

Kerangka Germakran (Furanodienon, Isofuranodienon, Zederon, Furanodien, Furanogermenon), kerangka Eleman (Kurserenon identik dengan edoaron, Epikurserenon, Isofurano germakren), Asam-4-metoksi sinamat (bersifat fungistatik).

Dari hasil penelitian lain ditemukan kurkumanolid A, kurleumanolid B, dan kurkumenon.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved