Breaking News:

Demi Kelancaran Arus Lalu Lintas, Dishub Imbau Pengendara Kendaraan Besar Tak Langgar Aturan

Kadishub mengatakan, bahwa untuk jam operasional kendaraan berat sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota nomor 48 tahun 2016. 

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/File Tribun
Kadishub Kota Pontianak, Utin Sri Lena Candramidi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam rangka demi kelancaran arus lalu lintas di Kota Pontianak Kalimantan Barat, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi menyampaikan, agar kendaraan besar seperti kontainer, fuso dan lainnya bisa mematuhi peraturan yang telah berlaku, Rabu 5 Januari 2022.

Kadishub mengatakan, bahwa untuk jam operasional kendaraan berat sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota nomor 48 tahun 2016. 

Dimana untuk, jam operasional kendaraan besar atau berat seperti kontainer, fuso itu untuk ukuran 20 feet dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Kemudian pada pukul 19.00-05.00 dan untuk ukuran 40 feet pada pukul 21.00 sampai 05.00 WIB.

Ia berharap agar para sopir kendaraan berat bisa mematuhi peraturan tersebut.

Supir Truck Keluhkan Antrian Panjang Pembelian Solar di Sejumlah SPBU Kota Pontianak

Bahkan jika masih ada yang melanggar atau melintas diluar jam operasional tersebut, pengendara akan dikenakan sanksi.

"Sanksi yang melanggar aturan ini mulai dari pemberian teguran atau peringatan, pembekuan ijin, pencabutan ijin bahkan sampai pemberian sanksi administrasi dan pembayaran ganti rugi atas kerusakan prasarana lainnya," ungkapnya.

Bahkan pengendara kendaraan berat yang melanggar aturan tersebut bisa ikenakan  dikenakan tilang.

Selain itu, jika kendaraan berat tidak melakukan perisai kolong atau tidak memakai twist lock  atau kunci petik emas, juga akan dikenakan sanksi atau penilangan dari Dinas Perhubungan dan Satlantas.

Untuk itu, pihaknya juga terus melakukan razia terhadap kendaraan berat yang bekerja sama dengan Satlantas Polresta Pontianak Kota.

Dalam penerapan di lapangan, pihaknya juga melibatkan tim penguji kendaraan untuk melihat kelayakan kendaraan yang melintas. (*)

[Update Informasi Seputar Kota Pontianak]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved