Breaking News:

Paguyuban TUKS dan Tersus Kalbar Terbentuk, Dorong Penyedia Dermaga Berkontribusi pada Perekonomian

54 Perusahaan TUKS dan 54 Tersus yang mengikuti pemilihan Paguyuban, dan akhirnya terpilih Widodo secara aklamasi sebagai Ketua Paguyuban terpilih.

Penulis: Muhammad Riski Farisal | Editor: Nina Soraya
Tribun Pontianak /Muhammad Riski Farisal
Foto Bersama 108 Perusahaan Dermaga di seluruh Kalbar saat pembentukan dan sekaligus Pemilihan Ketua dan Pengurus Inti Paguyuban TUKS dan Tersus, di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Selasa 14 Desemeber 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengusaha Pelabuhan membentuk Paguyuban Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) dan Terminal Khusus (Tersus) Kalimantan Barat.

Paguyuban TUKS dan Tersus melakukan pembentukan sekaligus pemilihan ketua serta pengurus inti di Hotel Kapuas Palace Kota Pontianak, Selasa 14 Desemeber 2021.

Adapun tema yang diusung untuk meningkatkan kebersamaan dan sinergitas operator TUKS dan Tersus dengan penyelenggara pelabuhan, Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) dan Perusahaan Bongkar Muat (PBM).

Sebanyak 54 Perusahaan TUKS dan 54 Tersus yang mengikuti pemilihan Paguyuban, dan akhirnya terpilih Widodo secara aklamasi sebagai Ketua Paguyuban terpilih.

Selain dihadiri para pengusaha pelabuhan, acara pemilihan Ketua Paguyuban TUKS dan Tersus juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak Capt. Mozes Imanuel Karaeng.

Ketua Terpilih Paguyuban TUKS dan Tersus Kalbar, Widodo berfoto bersama Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak Capt. Mozes Imanuel Karaeng pada Selasa 14 Desember 2021.
Ketua Terpilih Paguyuban TUKS dan Tersus Kalbar, Widodo berfoto bersama Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak Capt. Mozes Imanuel Karaeng pada Selasa 14 Desember 2021. (Tribun Pontianak /Muhammad Riski Farisal)

Ketua Paguyuban TUKS dan Tersus Kalbar Widodo, mengatakan adapun visi mewujudkan penyedia dermaga yang mendukung arus barang masuk dan keluar dalam era baru membentuk ekonomi Kalbar.

"Misinya membina dan mengembangkan usaha para anggotanya menjadi penyedia dermaga yang berdedikasi dalam pembangunan ekonomi Kalbar," katanya.

Selain itu, Widodo menjelaskan, wilayah Kalbar khususnya Pontianak keterbatasan Badan Usaha Pelanuhan (BUP) sehingga keberadaan TUKS dan Tersus sangat vital dalam pendistribusian bahan baku maupun barang hasil produksi.

"Di mana sektor pertanian kelapa sawit dan tambang yang merupakan produk penyumbang pendapatan daerah Kalbar. Hal ini mempercepat ekonomi akan tumbuh serta maju," jelasnya.

Sambut Presiden RI di Bandara Supadio, Wagub Ria Norsan Singgung Masalah Banjir dan Pelabuhan Kijing

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak Capt. Mozes Imanuel Karaeng menyampaikan apresiasi dari pemerintah dan bangga akan sebagai mitra kerja ke depan.

"Sehingga akan lebih memudahkan untuk berkoordinasi menghadapi tantangan ke depan yang harus diselesaikan untuk kedepannya lebih baik," ujarnya.

Mozes berharap banyak kepada ketua terpilih agar sebagai Paguyuban TUKS dan Tersus bisa bekerja keras dalam hal pembinaan, kerja sama ketertiban dalam hal kepatuhan aturan pelayaran dan pelabuhan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved