Breaking News:

Sambut Presiden RI di Bandara Supadio, Wagub Ria Norsan Singgung Masalah Banjir dan Pelabuhan Kijing

Wagub Ria Norsan saat bertemu orang nomor satu di Indonesia menyampaikan langsung terkait kondisi banjir dan rencana peresmian Pelabuhan Kijing.

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Adpim Provinsi Kalbar
Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menyambut kedatangan Presiden RI Jokowi di Bandara Supadio Pontianak, Rabu 8 Desember 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menyambut kedatangan Presiden RI Jokowi di Bandara Supadio Pontianak, Rabu 8 Desember 2021.

Dimana kedatangan Presiden RI ke Kalbar ingin berkunjung ke Kabupaten Sintang untuk meresmikan Bandara Tebelian Sintang, serta menyerahkan bantuan juga menanam pohon.

Wagub Ria Norsan saat bertemu orang nomor satu di Indonesia menyampaikan langsung terkait kondisi banjir dan rencana peresmian Pelabuhan Kijing.

Pemulihan Lingkungan Bekas Tambang, Jokowi Sebut DAS Sungai Kapuas-Melawi Hulunya Banyak yang Rusak

Dikatakannya bahwa banjir yang terjadi itu salah satu penyebabnya karena hutan-hutan sudah digunduli, namun nantinya hutan tersebut akan dilakukan penghijauan kembali. 

“Selain meninjau banjir Pak Jokowi juga memberikan bantuan dan menanam pohon kembali supaya ada penghijauan,”ujarnya, Rabu 8 Desember 2021.

Wagub Ria Norsan mengatakan secara singkat telah menyampaikan sedikit tentang apa sebab banjir yang mana salah satunya adalah karena hutan yang menjadi penahan air sudah berubah status menjadi sawit. 

“Ini juga karena meluapnya air sungai dan hujan turun deras bisa dikatakan banjir kali ini terparah sejak sekian puluh tahun belum pernah banjir setinggi ini,”ungkapnya.

Salah satu yang akan dilakukan PUPR adalah membuat Geobag untuk menahan air menggunkan karung yang diisi pasir. Namun menurutnya geobag bukan solusi.

“Yang jelas normalisasi sungai dan danau. Tapi memang biayanya tinggi tapi itu efisien karena kalau air banjir bisa lari ke danau-danau,”ujarnya.

Ia juga sempat menyinggung terkait  Peresmian Pelabuhan Kijing yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI.

“Nanti Pak Jokowi akan datang kembali dan sudah saya singgung juga karena besok ada acara dengan KPK jadi harus pulang,”ujarnya.

Kondisi pelabuhan Kijing saat ini dikatakannya sudah sangat siap sudah mencapai 90 persen. (*)

[Update Informasi Seputar Kota Pontianak]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved