Breaking News:

Kajati Kalbar Tekankan Perlu Sinergitas Semua Pihak Berantas Mafia Pelabuhan dan Pungli

Sehingga barang-barang dari Kalbar itu bisa berkompetisi bukan dengan biaya yang tinggi. Artinya barang itu diluar sudah tidak berkompetisi

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Nina Soraya
Tribun Pontianak/Muhammad Rokib
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Barat Dr Masyhudi saat menjadi narasumber pada sosialisasi pelabuhan bersih yang digelar oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) regional 2 Pontianak, di Ruang rapat lantai 2 Kantor Pelindo II di Jalan Pak Kasih nomor 11 Pontianak, kalimantan Barat, Jumat 3 Desember 2021. 

TRIBUN PONTIANAK. CO. ID, PONTIANAK - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Barat Dr Masyhudi SH MH menjadi narasumber pada acara sosialisasi pelabuhan bersih yang digelar oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) regional 2 Pontianak, di Ruang rapat lantai 2 Kantor Pelindo II di Jalan Pak Kasih nomor 11 Pontianak, kalimantan Barat, Jumat 3 Desember 2021.

Pada kegiatan tersebut pihaknya bersama pemangku pelabuhan atau kemaritiman melakukan diskusi dan menyepakati bersama-sama untuk memerangi mafia pelabuhan dan pungli sehingga menjadi Pelabuhan bersih.

"Kita juga tekankan bahwa perlunya sinergitas dan kolaborasi semua pihak, karena masih ada hal-hal yang perlu dibenahi atau dibersihkan supaya investor itu senang dengan pelayanan pelabuhan dan senang berinvestasi di Kalbar, " ujarnya usai menyampaikan materi pada sosialisasi pelabuhan bersih.

Komitmen Bersama Jadikan Pelabuhan Bersih di Lingkungan Pelindo Regional 2 Pontianak

Kajati menerangkan, semua itu dilakukan demi kepentingan masyarakat dan kemakmuran masyarakat.

Karena lanjut dia, jika pelayanan bagus, maka aktivitas ekspor maupun impor akan bagus juga.

"Sehingga barang-barang dari Kalbar itu bisa berkompetisi bukan dengan biaya yang tinggi. Artinya barang itu diluar sudah tidak berkompetisi kita justru sebaliknya.

Maka semangat bersama kita jadikan pelabuhan bersih dari pungli dan mafia, " jelasnya.

Pelabuhan bersih ini, lanjut dia, supaya investasi menjadi kompetitif, menjadi sehat dan semua berjalan dengan baik, serta menjadi nyaman dan senang untuk berinvestasi di kalbar.

Jika hal tersebut terlaksana dengan baik, maka juga akan menyerap tenaga kerja serta kegiatan ekonomi juga akan lebih baik dalam rangka rangka mendukung pertumbuhan ekonomi nasional setelah pandemi Covid-19.

Tes SKB CPNS Kejaksaan di Kalbar Dimulai, Kajati Kalbar: Proses Tes Transparan Tanpa Rekayasa

Untuk itu, Kajati Kalbar menegaskan agar melaporkan jika ditemukan pungli ataupun mafia Pelabuhan.

"Kalau ada pungli atau Mafia, lapor saja kepada kita dan kita dari kejaksaan sudah membentuk tim untuk memberantas mafia pelabuhan ini dengan bersama-sama," jelasnya.

Namun sejauh ini, diakuinya, balum ada temuan-temuan terkait hal tersebut hanya saja ada temuan yang sedang dilakukan kajian melalui upaya preventif dan represif. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved