Breaking News:

Upah Minimum 2022

UMK Landak Tahun 2022 Sudah Disepakati, Segini Nilainya

penetapan UMK yang telah disepakati tersebut kemudian akan naikkan rekomendasi ke Bupati dan dibawa ke Provinsi untuk ditetapkan oleh Gubernur.

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Alfon Pardosi
Rapat Tripartit Kabupaten Landak dalam pembahasan penetapan UMK Landak tahun 2022 yang berlangsung pada Rabu 24 November 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Landak telah disepakati oleh Dewan Pengupahan Kabupaten Landak yang sebelumnya melaksanakan pembahasan di Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPSPTK).

"Sudah kita rapatkan kemarin hari Rabu 24 November 2021, dan disepakati untuk UMK Landak tahun 2022 yang akan diusulkan Rp 2.582.000," ujar Kabid Tenaga Kerja DPMPSPTK Landak Richard kepada Tribun pada Kamis 25 November 2021.

Untuk diketahui, UMK di Kabupaten Landak tahun 2021 ini adalah sebesar Rp 2.549.844.

Jika dibandingkan dengan UMK tahun 2022 yang telah disepakati dan akan diusulkan, maka alami kenaikan sebesar Rp 32.156

Dijelaskannya, penetapan UMK yang telah disepakati tersebut kemudian akan naikkan rekomendasi ke Bupati dan dibawa ke Provinsi untuk ditetapkan oleh Gubernur.

Bupati Landak Kembali Serahkan 160 Power Thresher ke Petani

Dengan demikian, UMK Landak tahun 2022 yang disepakati dan diusulkan setelah rapat tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,26 persen.

"Jika sudah disetujui Bupati dan ditetapkan oleh Gubernur, maka akan berlaku mulai 1 Januari 2022," katanya.

Diakui Richard, saat rapat bersama tripartit memang tidak ada masalah dan aman-aman saja.

Karena memang sudah ada formulanya dari Kemenaker, sehingga pihaknya hanya tinggal meneruskan dan sudah dihitung sesuai formula Permenaker.

Ditanya apakah dengan nilai UMK tersebut mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari para karyawan penerima upah di Kabupaten Landak, ia menerangkan jika penetapan tersebut sudah mengikuti ketetapan formulasi dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenaker.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved