Breaking News:

Bocoran Gaji dan Tunjangan Jenderal Polisi Terbaru Desember 2021

Menjadi polisi kini menjadi incaran banyak pemuda-pemudi di Indonesia karena nilai gaji serta jaminan hidup yang memadai.

Penulis: Rizky Zulham | Editor: Rizky Zulham
NET/Google
Ilustrasi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Rincian gaji dan tunjangan para Jenderal Polisi di tanah air terbaru memasuki bulan Desember 2021. 

Menjadi Polisi kini menjadi incaran banyak pemuda-pemudi di Indonesia karena nilai gaji serta jaminan hidup yang memadai.

Pendapatan yang terjamin dari gaji dan tunjangan tetap serta kenaikan pangkat rutin juga menjadi alasannya.

Meski begitu, menjadi anggota Polri juga bukan hal mudah. Seleksi menjadi calon siswa dan taruna polisi selalu ketat dan diserbu puluhan ribu orang setiap tahunnya.

Menjadi polisi juga harus terikat dengan kewajiban dinas dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

Fix! Data Kenaikan UMP Tahun 2022 Lengkap Seluruh Indonesia, Bandingkan dengan Gaji Tahun Sebelumnya

Dalam kenaikan pangkat rutin bagi perwira polisi, puncak kariernya adalah menjadi perwira tinggi atau pati dengan pangkat jenderal antara lain Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal (Komjen), Inspektur Jenderal (Irjen), dan Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol).

Untuk mencapai pangkat bintang di pundak itu, idealnya seorang calon polisi harus memulainya dari pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) yang bisa berasal dari lulusan Akademi Kepolisian (Akpol).

Meski posisi hingga jenderal juga terbuka dari non-Akpol.

Sebelum mencapai pangkat jenderal, lazimnya, perwira polisi sudah digembleng dengan berbagai macam tugas dan penempatan dinas di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Selain terbilang prestisius, posisi Jenderal Polisi adalah jenjang kepangkatan yang relatif terbatas, mengingat jabatan karier puncak di Polri semakin mengerucut.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved