Breaking News:

Jatuh Saat Pangkas Ranting Pohon, Leher Pria di Pontianak Tertembus Besi Pagar

Besi pagar dengan bentuk plus (+) dengan ujung runcing itu menancap pada bagian tengkuk belakang korban, dengan posisi bagian runcing menembus tengkuk

Penulis: Ferryanto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/File Swadesi Borneo.
Petugas Pemadam Kebakaran dari Swadesi Borneo dan Tim SAR Dit Samapta Polda Kalbar saat berusaha melakukan pemotongan besi yang menembus tengkuk seorang pria di Kota Pontianak di RSUD dr. Soedarso, Rabu 24 November 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tim Pemadam Kebakaran Swasta dari Swadesi Borneo bersama Tim SAR Dit Samapta Polda Kalbar berhasil membantu menyelamatkan seorang pria bernama Prawito Henu (56) warga jalan Parit Haji Husin 2, Kota Pontianak yang bagian tengkuk kepalanya tertancap besi pagar rumah, Rabu 24 November 2021.

Besi pagar dengan bentuk plus (+) dengan ujung runcing itu menancap pada bagian tengkuk belakang korban, dengan posisi bagian runcing menembus tengkuk hingga ke sisi lain kepala belakang korban.

Deri Herlino, Komandan Lapangan Swadesi Borneo mengatakan bahwa pada sekira pukul 14.00 WIB, pihaknya bersama tim SAR Dit Samapta Polda Kalbar mendapat laporan dari pihak keluarga korban.

Pihak keluarga menyampaikan bahwa saat ini korban berada di IGD RSUD dr. Soedarso Pontianak dengan kondisi bagian tengkuk kepala tertancap besi dari pagar.

Dinas Perhubungan Tingkatkan Pengelolaan Gedung Parkir untuk Bantu Peningkatan PAD Kota Pontianak

Karena besi yang tertancap kebagian tengkuk itu cukup panjang, tim medis kesulitan untuk mencabut besi itu dari tengkuk korban, sehingga membutuhkan bantuan tim SAR untuk melakukan pemotongan.

"sampai disana korban bisa diajak komunikasi, dari pihak keluarga menyampaikan akan melakukan pemotongan menggunakan mesin grinda biasa yang besar, tapi kami cegah karena itu membahayakan, sehingga kami berkoordinasi dengan pihak Dokter untuk membantu proses pemotongan besi,''ujarnya.

Setelah dokter mengizinkan, pihaknya bersama Tim dari Kepolisian melakukan pemotongan besi yang menancap dengan alat yang dimiliki pihaknya yang relatif aman.

Sekira 30 menit, akhirnya besi pagar dengan panjang sekira 30 Cm yang menancap di tengkuk leher korban pun berhasil dipotong menjadi bagian yang lebih pendek.

Kemudian, tim medis dari RSUD dr. Soedarso pun melakukan tindakan medis untuk mengeluarkan sisa potongan besi dari tengkuk korban.

"kondisi Alhamdulillah korban membaik saat ini,''ujarnya.

Deri mengugkapkan, tertancapnya korban besi itu berawal dari korban yang melakukan pemangkasan rutin dahan pohon di halaman rumahnya sendiri.

Namun, saat korban berada diatas pohon dan berusaha menarik salah satu dahan yang sudah ia potong, korban kehilangan keseimbangan dan terjatuh menimpa pagar besi rumahnya dengan posisi tengkuk tertancap besi pagar rumah.

Saat itu, pihak keluarga pun bergegas melakukan pertolongan dengan memotong besi pagar yang menancap ke tengkuk korban agar korban dapat dibawa kerumah sakit.

Dengan sisa besi yang menancap ke tengkuk korban, pihak keluarga lalu membawa korban ke RSUD dr. Soedarso, hingga akhirnya tim dari Swadesi Borneo dan Dit Samaptaa Polda Kalbar membantu petugas medis memotong besi itu, dan akhirnya korban berhasil selamat. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved