Breaking News:

Info Stimulus

Kartu Prakerja Pasti Lanjut Tahun Depan dengan Konsep Berbeda, Kini Ada Pelatihan Tatap Muka di 2022

Program Kartu Prakerja dipastikan berlanjut hingga tahun depan 2022 namun dengan konsep berbeda dari pelaksanaan gelombang sebelumnya.

Penulis: Rizky Zulham | Editor: Rizky Zulham
prakerja.go.id
Ilustrasi kartu prakerja. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Program Kartu Prakerja dipastikan berlanjut hingga tahun depan 2022 namun dengan konsep berbeda dari pelaksanaan gelombang sebelumnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan program Kartu Prakerja bakal berlanjut di tahun 2022.

Selain pelatihan secara daring, pemerintah berencana mengadakan pelatihan offline di semester II 2022, seiring mulai pulihnya ekonomi dan Covid-19 berubah menjadi endemi.

"Kartu prakerja akan dilanjutkan tahun depan dan dalam enam bulan programnya masih sama, enam bulan berikutnya diharapkan kita sudah bisa membuat program yang luring, bukan hanya daring," kata Airlangga dalam webinar Economic Outlook 2022, Senin 22 November 2021.

Penyebab Utama Insentif Kartu Prakerja Selalu Gagal Cair dan Muncul Status di Dashboard

Mantan Menteri Perindustrian ini menjelaskan, program Kartu Prakerja di tahun depan bukan hanya ditujukan sebagai program semi bansos.

Seperti perencanaan awal, program tersebut akan terus ada untuk menambah skill (upskilling) para pencari kerja.

"Kembali kepada program awal, bukan hanya semi bansos, tapi juga mendorong upskilling dan re-skilling agar sesuai kebutuhan digitalisasi ke depan," kata Airlangga.

Adapun saat ini, masyarakat penerima Kartu Prakerja telah mencapai 11,4 juta peserta di 514 kabupaten/kota.

Airlangga berujar, Kartu Prakerja mampu mendorong inklusi keuangan karena banyak peserta yang baru memiliki rekening bank atau akun dompet digital (e-wallet) setelah mengikuti program.

Hal itu juga membuat lembaga internasional seperti Bank Dunia (World Bank) menyebut, Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang memberikan akses modal kepada warga, meningkatkan daya beli, dan memberikan pelatihan sesuai situasi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved