Breaking News:

Jabat Panglima TNI, Gubernur Sutarmidji Nilai Andika Perkasa Sosok yang Miliki Integritas Tinggi

Atas pelantikan itu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyampaikan selamat dan apresiasinya kepada Jenderal Andika Perkasa atas jabatan baru

Penulis: Ferryanto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Ferryanto
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, 

TRIBUNPONTIANAK. CO.ID, PONTIANAK - Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI Republik Indonesia, Rabu 17 November 2021.

Andika Perkasa dilantik langsung orang nomor satu di Indonesia untuk menjabat pimpinan tertinggi ketiga Matra TNI di Istana Negara.

Atas pelantikan itu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyampaikan selamat dan apresiasinya kepada Jenderal Andika Perkasa atas jabatan baru yang diamanahkan kepadanya.

Presiden Jokowi Lantik Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

Jenderal Andika Perkasa sendiri pada tahun 2016 hingga 2018 pernah bertugas di Kalimantan Barat sebagai Panglima Komando Daerah Militer XII Tanjungpura (Pangdam XII Tpr).

Selama dua tahun menjabat, Sutarmidji yang kala itu merupakan Walikota Pontianak menilai bahwa Andika Perkasa merupakan sosok yang sangat berintegritas.

"Integritas beliau itu luar biasa, kemudian beliau itu dalam tata kelola bernegara, itu sistem betul - betul beliau pegang dan pedomani,"tutur Sutarmidji, Rabu 17 November 2021.

Midji menceritakan dahulu ia pernah menghadiri satu acara yang juga turut dihadiri Jenderal Andika Perkasa yang saat itu menjabat sebagai Pangdam XII Tpr, saat itu Midji melihat langsung bagaimana Andika perkasa mengatur langsung acara agar berlangsung sukses.

"Saya memang hampir tidak berinteraksi langsung, hanya memang sesekali bertemu, saya melihat beliau itu memiliki kepeduliannya terhadap keselarasan tugas satu dan yang lain, dan beliau selama menjabat meninggalkan berbagai hal yang sangat baik, dan saya menilai beliau memang sangat layak menjabat sebagai Panglima TNI,"ujarnya.

Kemudian, Midji pun menilai bahwa Andika Perkasa adalah sosok yang sangat menjiwai profesinya dan bijak dalam setiap pengambilan keputusan.

Midji berharap, Andika Perkasa yang saat ini menjabat sebagai Panglima TNI dapat lebih memperhatikan Kalbar yang berbatasan langsung dengan Malaysia, khususnya dalam bidang pengamanan di perbatasan.

Panjang jarak perbatasan Indonesia Malaysia di Kalbar mencapai 976 Km, yang merupakan satu jalur perbatasan negara terpanjang di Indonesia.

"Nah sistem pengamannya saya harap harus terus dievaluasi, tidak bisa begitu - gitu saya, ada area 400 km lebih yang merupakan hutan lindung, lalu ada beberapa pulau yang rawan sengketa dengan negara lain, misalnya dengan Malaysia itu ada Temajok, Camar Bulan, itu harus diperhatikan,"terang Midji.

Kemudian, Wilayah Kalbar pun juga berhadapan dengan laut Cina Selatan, yang memang saat ini menjadi perhatian internasional.

Oleh sebab itu ia berharap kepada Andika Perkasa sebagai Panglima TNI yang juga pernah bertugas di Kalbar agar dapat memberikan perhatian lebih atas berbagai pertimbangan yang ada. (*)

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved