Breaking News:

Berita Video

Presiden Jokowi Lantik Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan melantik Letjen TNI Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)

Editor: Jamadin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Hari ini, Rabu 17 November 2021 Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta.

Jenderal Andika Perkasa dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 106 TNI Tahun 2021 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Dalam Keputusan Presiden, ada tiga hal yang disampaikan.

"Kesatu, menetapkan memberhentikan dengan hormat marsekal Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dari jabatannya dari panglima TNI disertai ucapan terima kasihatas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara RI selama memangku jabatan tersebut."

"Kedua, mengangkat jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI."

"Ketiga, keputusan tersebut berlaku sejak pelantikan pejabat," bunyi Keputusan Presiden tersebut.

Setelah pembacaan keputusan, dilakukan pengambilan sumpah jabatan oleh Panglima TNI.

LINK Live Streaming Pelantikan Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI Lengkap Beserta Profil

Jokowi pun menanyakan suatu kesiapan Jenderal Andika Perkasa terlebih dahulu.

"Sebelum saudara mengucapkan sumpah di hapdapan Tuhan YME berkenaan dengan pelantikan jabatan Panglima TNI harap dijawab pertanyaan saya. "

"Saudara jenderal andika PERKASA apakah saudara beragama islam? Apakah saudara bersedia mengucapkan sumpah menurut agama Islam?" tanya Presiden, dikutip Tribunnews.com dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 17 November 2021.

Jenderal Andika Perkasa pun menyatakan kesiapannya. "Bersedia," jawabnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved