Breaking News:

UPB Gelar Diskusi Publik Bertajuk Politik Ekonomi di Masa dan Pasca Pandemi

“Ini rutin sebelum pelaksanaan wisuda, inisiasi diskusi publik ini adalah arahan ketua pembina dan ketua pengurus yayasan UPB,” katanya

Penulis: Imam Maksum | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Imam Maksum
Ketua Pengurus Yayasan Panca Bhakti, Garuda Wiko saat memberikan sambutan pada Diskusi Publik Politik Ekonomi di masa dan pasca pandemi covid-19 dalam perpektif idealitas dan realitas, Selasa 16 November 2021. TRIBUN PONTIANAK/IMAM MAKSUM 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak melaksanakan diskusi publik bertajuk Politik Ekonomi di Masa dan Pasca Pandemi Covid-19 di Indonesia dalam perspektif idealitas dan realitas, Selasa 16 November 2021.

Diskusi tersebut menghadirkan berbagai narasumber diantaranya, Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, Wakil Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman, Peneliti ekonomi CSIS Fajar Bambang, Akademisi UPB Didi Haryono dan Rahmatullah Rizieq.

Ketua Pembina Yayasan Panca Bhakti, Jusuf Wanandi memberikan sambutan dan membuka acara diskusi publik. Dia mengatakan diskusi publik, pertama, mahasiswa dan civitas akademika mendapatkan penerangan tentang masalah dini, masalah penting masyarakat, dunia universitas, dan bangsa.

“Ini penting bagi dunia seluruhnya, terkait pandemi, kita bertemu dan membahas bersama masalah yang penting, lambat laun saling membangun kepercayaan dalam kehidupan berbangsa dan negara,” ucapnya.

Gedung Convention Centre UPB Rampung, Purwanto Optimis Pembangunan Hingga 2022 Capai Target 

Dia menjelaskan kepentingan diskusi ini untuk melakukan pertukaran pikiran yang akan sangat berguna. Dimana masyarakat bisa memberikan pandangan, dan akademisi bisa memberi keterangan terkait masalah-masalah dari dampak pandemi.

“Masalah internasional dan nasional saat ini sudah saling menghimpit, tidak dapat dibedakan dan dipisahkan,” ujarnya.

Ketua Pengurus Yayasan Panca Bhakti, Garuda Wiko menyebut dampak dari pandemi Covid19 sangat meluas dan menginfeksi banyak negara. Pandemi memberikan dampak pada beberapa bidang, diantaranya kesehatan, ekonomi, dan sosial.

“Lebih lanjut dari bidang ekonomi mengakibatkan melambatnya konsumsi, melambat investasi, angka pengangguran menjadi meningkat,” jelasnya

Rektor UPB, Purwanto mengatakan kegiatan diskusi publik merupakan rangkaian kegiatan wisuda UPB, yang segera dilaksanakan pada 18 dan 20 November 2021 mendatang.

“Ini rutin sebelum pelaksanaan wisuda, inisiasi diskusi publik ini adalah arahan ketua pembina dan ketua pengurus yayasan UPB,” katanya

Dia menjelaskan pandemi Covid-19 memaksakan kita untuk merenungkan kembali kompatibilitas norma dan tatanan kehidupan.

Permasalahan ekonomi dan kesehatan saling berkelindan saling terkait dan terpisah.

“Saya ingin mengutip, Rob Wallace menunjukan bahwa kepentingan mengejar keuntungan dari industri kapitalis telah mendorong munculnya bakteri patogenik,” imbuhnya.

Dia mengatakan melalui diskusi publik ini, akan menjadi penting diharapkan menambah khazanah kajian dalam dunia akademisi. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved