Breaking News:

Tokoh Masyarakat Sambas Harap Pemda Ciptakan Sektor Potensial Untuk Tingkatkan PAD

Kita harus menciptakan peluang baru untuk PAD Kabupaten Sambas, karena Sambas tidak seperti daerah lainnya yang memiliki sektor tambang

Penulis: M Wawan Gunawan | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Wawan
Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi saat menyerahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang RAPBD Kabupaten Sambas, tahun anggaran 2022, kepada Wakil Ketua DPRD, Ir H Arifidiar, di ruang paripurna DPRD Kabupaten Sambas, Kamis 21 Oktober 2021. (One) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Tokoh Masyarakat Kabupaten Sambas, Saiban mengatakan Kabupaten Sambas harus bisa menciptakan peluang baru untuk mendongkrak sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kata dia, Sambas memiliki beberapa sektor potensial untuk di kembangkan namun saat ini belum bisa diandalkan untuk meningkatkan PAD Kabupaten Sambas.

"Kita harus menciptakan peluang baru untuk PAD Kabupaten Sambas, karena Sambas tidak seperti daerah lainnya yang memiliki sektor tambang. Kita juga belum bisa mengandalkan sektor jasa seperti halnya Kota Pontianak dan Kota Singkawang," ujarnya, Kamis 21 Oktober 2021.

Namun demikian kata dia, Kabupaten Sambas memiliki peluang meningkatkan PAD dari sektor pertanian, akan tetapi hal ini memerlukan kerja keras dan tekat yang kuat untuk memajukannya.

Kasus Konfirmasi Sambas Meningkat, Harisson Akui Kalbar Kewalahan Jaga Pelintas Batas Jalur Tikus  

"Artinya bagaimana kita memperkuat sektor pertanian sebagai sumber PAD baru, ini akan erat kaitannya dengan industrialisasi atau hilirisasi produk pertanian, namun sangat diperlukan kerja keras untuk membangun hal tersebut," ungkapnya.

Untuk itu, Saiban berkeyakinan bahwa pemerintah yang baru dibawah kepemimpinan Satono-Rofi akan mampu mendongkrak sektor tersebut, dengan satu kata kunci yakni konsistensi.

"Tak perlu banyak produk, cukup beberapa saja misalnya produk pangan. Seperti untuk sembako, terfokus dan konsisten, apalagi jumlah penduduk Kabupaten Sambas sangat besar, ini adalah peluang pasar yang potensial," tutupnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Sambas) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved