Breaking News:

Atlet Kalbar yang Kembali dari PON XX Papua Tetap Jalani Karantina 5 Hari dan Pemeriksaan Swab PCR

Ia mengatakan adapun selama menjalani karantina tidak boleh kemana- mana dan tidak boleh menerima tamu, kecuali dengan jarak 10 meter.

Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Kadiskes Kalbar, Harisson 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengatakan bahwa atlet perwakilan Kalbar yang kembali usai mengikuti PON XX Papua dilakukan swab PCR dua kali setelah tiba di Kalbar.

Ia mengatakan walaupun telah dilakukan swab PCR di Papua sebelum kembali ke provinsi masing-masing. Atlet yang sampai ke daerah harus wajib dilakukan swab pcr dan menjalani karantina di tempat Isoter yang telah disiapkan pemerintah selama lima hari.

“Sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19 Nasional oleh Kemendagri untuk melakukan karantina 5 hari dan Pemprov Kalbar sudah menyiapkan tempat karantina di Gedung LPMP Provinsi,”ujarnya.

Harisson mengatakan ditempat isolasi yang telah disiapkan sudah disiapkan kamar dengan fasilitas yang lengkap serta diberikan rekomendasi yang baik untuk makanannya.

Kalbar Harus Miliki Cabor Unggulan, Sutarmidji Akan Evaluasi Prestasi Atlet Kalbar di PON XX Papua

“Kita harapkan mereka yang datang dan pulang benar-benar mengikuti prosedur karantina di gedung yang sudah kita siapkan,”ujarnya.

Adapun gedung LPMP Provinsi terdiri dari dua gedung dimana untuk satu gedung diperuntukan untuk karantina PMI, dan gedung yang satunya untuk atlet PON yang baru kembali.

“Jadi terpisah untuk karantina di LPMP, kalau untuk kasus konfirmasi di gedung Upelkes,”ucapnya.

Harisson mengatakan Gubernur Kalbar sudah memerintahkan bagi atlet dan kontingen yang tiba di Bandara unik langsung dilakukan swab PCR.

“Setelah swab PCR di hari kedatangan. Pada hari keempat dilakukan pemeriksaan swab pcr lagi. Kalau negatif baru boleh pulang, tapi kalau positif akan diisolasi selama 8 hari di Upelkes. Setelah sudah selesai baru mereka boleh pulang,”ujarnya.

Ia mengatakan adapun selama menjalani karantina tidak boleh kemana- mana dan tidak boleh menerima tamu, kecuali dengan jarak 10 meter.

Harisson menambahkan sebelumnya ada 5 atlet Kalbar yang sempat dinyatakan positif covid-19.

“Atlet yang sempat positif ini ada yang diisolasi di Papua dua orang, di sini tiga orang. Terhadap semuanya sudah negatif tapi dua orang masih di Papua,”pungkasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved