Breaking News:

Potensi Terjadi Karhutla, Ini Imbauan BPBD Kayong Utara kepada Masyarakat

kami mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kayong Utara untuk tidak membuka lahan atau perkebunan dengan cara membakar

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ Jovi Lasta
Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kayong Utara, Parsono, Rabu 13 Oktober 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara memberikan himbauan terkait potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Pelaksana BPBD Kayong Utara, Noorhabib melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kayong Utara, Parsono menyampaikan himbauan kepada masyarakat terkait kebakaran hutan dan lahan ini.

Berdasarkan data BMKG terkait Potensi kemudahan terjadinya Karhutla untuk tujuh hari mendatang dari tanggal 12 sampai dengan tanggal 18 Oktober tahun 2021, diprediksikan beberapa wilayah di Kalimantan Barat berpotensi terjadi Karhutla dari kategori aman hingga sangat mudah, dari beberapa kabupaten atau kota telah tampak beberapa hotspot (Titik Api).

Lebih lanjut, di Kabupaten Kayong utara pada tanggal 12 hingga tanggal 15 Oktober tahun 2021 termasuk pada kategori sangat mudah terjadinya Karhutla.

Personel Polsek Bonti dan Koramil Bonti Cek Lokasi Titik Api dan Berikan Imbauan Pencegahan Karhutla

"Menindaklanjuti adanya potensi kemudahan  terjadinya Karhutla yang dikeluarkan oleh BMKG tersebut, kami mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kayong Utara untuk tidak membuka lahan atau perkebunan dengan cara membakar," ucap dia, Rabu 13 Oktober 2021.

"Yang nantinya, dapat menyebabkan kebakaran tidak terkendali dan apabila telah melihat peristiwa kebakaran hutan dan lahan diharapkan dapat segera melaporkan kepada aparat desa setempat, BPBD, Manggala Agni, TNI, POLRI untuk dilakukan pemadaman api serta bagi yang terbukti secara sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan akan diberi sanksi sesuai peraturan yang berlaku," tambahnya.

Tidak lupa, BPBD Kabupaten Kayong Utara mengajak seluruh lapisan masyarakat terkhusus di Kayong Utara lebih meningkatkan kesiapsiagaan terutama di daerah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

[Update Berita seputar Kabupaten Kayong Utara]

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved