Breaking News:

Pemkot Pontianak Lanjutkan Pembangunan Trotoar Sepanjang 900 Meter Telan Anggaran Rp 1,5 M

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa pembangunan trotoar tersebut merupakan lanjutan pembangunan trotoar yang sudah ada.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Muhammad Rokib
Pengerjaan pembangunan trotoar di Jalan H. Rais A. Rahman Sungai Jawi Pontianak Barat Kota Pontianak Kalimantan Barat, Senin 4 Oktober 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat terus melanjutkan penataan di Kota Pontianak sehingga bisa menjadi Kota yang lebih rapi.

Satu diantara penataan yang saat ini sedang dilanjutkan adalah pembangunan trotoar di Jalan H. Rais A. Rahman Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak Kalimantan Barat.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa pembangunan trotoar tersebut merupakan lanjutan pembangunan trotoar yang sudah ada.

Pada penataan trotoar itu terdapat beberapa pot tanaman hias bunga untuk lebih mempercantik penataannya yang telah ditata dengan rapi, kemudian ada juga jalur pejalan kaki sehingga bisa berolahraga jalan kaki.

Pemkot Pontianak Optimis Akhir Oktober Capaian Vaksinasi Tembus 70 persen

"Pembangunan itu lanjutan dari depan  yang sudah ada. Kita ingin menata dan menertibkan kawasan sungai jawi menjadi kawasan yang lebih rapi, lebih humanis, tidak kumuh, karena ini akan meningkatkan aset disana," ujarnya.

Untuk penataan lanjutan itu, memang dikatakannya akan mirip dengan penataan trotoar yang sudah ada saat ini.

Kemudian memang jika kita lihat pada penataan trotoar yang ada saat ini tidak ada tempat berjualan untuk Pedagang Kaki Lima (PKL). Begitu pula disampaikan Wako Edi, bahwa memang dikawasan trotoar tersebut tidak untuk PKL.

Kemudian untuk PKL yang sudah berjualan disepanjang trotoar yang belum ditata di Sungai Jawi, Wali Kota Pontianak meminta agar berpindah atau mencari lokasi yang lain.

"Sementara itu memang tidak untuk PKL, mereka silahkan untuk mencari lokasi yang lain dan kita sedang memikirkan.
Karena kan memang susah mencari lahan untuk di kota. Ada misalnya di pal 5 bekas terminal, tapi kalau kita tempatkan disana mereka merasa jauh dan lain sebagainya. Maka kita lagi mencari inovasi," jelas Edi.

Edi menyebut lanjutan pembangunan trotoar untuk tahun 2021 ini dengan panjang sekitar 900 meter dan lebar 220 centimeter dari gang gunung Palong ke gang gunung jati menelan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar.

"Panjangnya 900 meter hampir 1 kilometer di Sungai Jawi dengan anggaran 1,5 miliar dan ini bertahap secara berkelanjutan," katanya.

Selanjutnya, selain pembangunan trotoar di Sungai Jawi, Edi juga menyampaikan di tahun 2021 ini juga terdapat pembangunan yang dilanjutkan, baik trotoar maupun pembangunan penataan lainnya.

"Di Jalan Ahmad Yani juga dilanjutkan yang di GOR, kemudian pasar Dahlia, waterfront masih lanjut, taman di Pontianak Utara dan termasuk di Pontianak Timur," pungkasnya. (*)

Update Informasi Seputar Kota Pontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved