Breaking News:

Kalbar Dapat 128 Ribu Vial Vaksin, Jenis Sinovac dan AstraZeneca

jajaran Polres Sintang juga gencar melakukan giat Sosialisasi Prokes setiap hari baik pagi,siang dan malam hari.

Editor: Jamadin
DOK/BPJamsostek Pontianak
Pekerja dan masyarakat umum antre untuk mendapatkan vaksin tahap II di GAIA Bumi Raya City, Senin 27 September 2021. Vaksinasi massal ini diberikan BPJamsostek untuk melindungi pekerja di Pontianak dan sekitarnya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  - Kalimantan Barat (Kalbar) kembali mendapatkan tambahan stok vaksin Covid-19 dari Pemerintah Pusat. Pengiriman ratusan ribu vial vaksin tersebut tiba di Bandara Internasional Supadio Pontianak menggunakan pesawat Lion Air JT 710 dari Jakarta, pada Senin 27 September 2021 pagi WIB.

Adapun total vaksin yang tiba tersebut, sebanyak 128.060 vial. Dua merk vaksin Covid-19 yang tiba di Kalbar, yakni Sinovac dan AstraZeneca.

Rinciannya, 65 koli jenis Vaksin AstraZeneca yang dikemas dalam satu koli, dan Vaksin Sinovac sebanyak 128.000 vial yang dikemas dalam 64 koli. Dengan asumsi satu vial bisa untuk 10 orang, dengan tambahan itu maka sebanyak 1,28 juta warga Kalbar bisa divaksin.

Kedua merk vaksin tersebut rencananya dikirim dan disimpan sementara, di Gudang Dinas Kesehatan (Diskes) Kalbar yang diangkut menggunakan truk milik Biofarma Nopol D 8092 FO.

Truk tersebut dilengkapi dengan alat berpendingin khusus atau freezer untuk menjaga suhu vaksin tetap stabil antara 2-8 derajat celcius.

Persentase Vaksinasi Masih Rendah, Polres Mempawah Bersama Satgas Covid-19 Gencar Lakukan Vaksinasi

Tiba di Bandara Internasional Supadio Pontianak, vaksin tersebut langsung dibawa ke gudang Diskes Kalbar. Dalam proses pengiriman mendapatkan pengamanan dan pengawalan dari Satuan Brimob dan PJR Polda Kalbar.

Percepatan Vaksin
Capaian vaksin di Kalbar sebelumnya mendapatkan sorotan dari Gubernur Kalbar, Sutarmidji. Berdasarkan data cakupan vaksinasi Covid-19 di Kalbar, per Sabtu 25 September 2021 lalu oleh Diskes Kalbar, rata-rata tertinggi Se-Kalbar antara lain di Kota Pontianak mencapai 43,13 persen , Kota Singkawang 27,16 persen, Kabupaten Sintang mencapai 18,69 persen.

Sementara, tiga daerah dengan cakupan vaksinasi terendah Se- Kalbar. Dimana Cakupan vaksinasi rata-rata di Sambas baru mencapai 12,21 persen, Landak 12,42 persen, dan Sanggau 13,00 persen.

Per 25 September 2021, dari jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 298.511 orang, yang sudah mendapatkan vaksinasi pertama mencapai 69.568 atau 23,31 persen. Capaian vaksinasi kedua 42.028 atau 14,08 persen dan persentasi rata-rata sebanyak 18,69 persen.

Kepala Diskes Sintang, Harysinto Linoh mengungkapkan, keberhasilan vaksinasi tidak terlepas dari dukungan Polres Sintang dan pihak TNI yang juga gencar berkolaborasi melaksanakan vaksinasi massal di sekitaran kota Sintang dalam bebebrapa pekan terakhir.

“Capaian vaksin Kabupaten Sintang tertinggi nomor 3 di Kalbar, sebenarnya ini juga didukung oleh pihak Polres dan TNI yang juga gencar melakukan vaksinasi,” kata Sinto.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved